BALIK ATAS
17 tahun wafatnya Theys Hiyo Eluay Keluarga Besar Gelar Deklarasi Indonesia Damai
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 11th November 2018
| 400 DIBACA

Jayapura – Sekitar 50 orang mengikuti acara Deklarasi Damai Keluarga Besar Theys Hiyo Eluay dalam rangka peringatan 17 tahun wafatnya Theys Hiyo Eluay  bertempat di Pendopo Alm. Theys Hiyo Eluay Jl. Bestur Pos Sentani Kabupaten Jayapura, Sabtu (10/11/2018).

Deklarasi Damai tersebut bertepatan dengan Hari Pahlawan muncul melalui perenungan yang sudah lama direncanakan, bahwa semua orang diciptakan untuk membangun cinta kasih dan hidup dalam kedamaian hal itu dicontohkan oleh Yesus Kristus kepada orang yang menyalipnya dan keluarga besar Theys Hiyo Eluay  percaya bahwa kematian orangtuanya ditujukan untuk menghapus jeritan serta air mata masyarakat Papua.

 

Acara yang berlangsung kurang lebih  sejam tersebut diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya pembacaan biografi Alm. Theys Eluay ,penandatangan deklarasi damai dan pengusulan gelar sebagai pahlawan nasional disaksikan oleh Pejabat Militer dan Sipil serta tokoh masyarakat adat.

Danramil 1701-01 Sentani Mayor Inf John F. Dahar di sela-sela kegiatan berharap pesan damai yang dibacakan dalam deklarasi tersebut bisa diteruskan kepada seluruh warga masyarakat khususnya OAP baik yang tinggal di pegunungan maupun di pesisir pantai.

“Harapannya setelah deklarasi ini, pesan yang diucapkan dan ditandatangani bersama tersebut sampai ke seluruh warga masyarakat khususnya OAP baik yang berada di bumi Papua maupun yang berda di luar Pulau Papua,”katanya.

Mengenai status Papua merupakan bagian dari NKRI, Bang John sapaan akrab  Mayor Inf John F. Dahar dikatakan bahwa Papua memiliki kekayaan yang luar biasa, perlu dilindungi dan dilestarikan untuk itu perlu merapatkan barisan di dalam wadah kedamaian, bersama Tuhan Yesus maka semuanya akan selamat.

“Kematian Alm. Theys Eluay adalah rencana Allah, bagaimanapun juga harus diterima dengan lapang dada, lebih baik duduk bersama rapatkan barisan bersatu padu menyingkirkan kekacauan di tanah ini, karena para Ondofolo pembuat deklarasi Damai menyatakan bahwa Di Dada mereka adalah Merah Putih,”sambungnya.

Ketika disinggung soal pengusulan penganugerahan gelar pahlawan nasional, Bang John menjelaskan bahwa itu sudah ditindaklanjuti oleh Ketua Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Ibu Lili Chodidjah Wahid yang berencana mengangkat Alm. Theys Eluai sebagai Pahlawan Nasional dan jika disetujui oleh Pemerintah pusat maka akan menjadi Pahlawan Nasional ke-5 dari Papua.

“Kami percaya almarhurm Ondofolo Theys Eluay adalah pejuang kemanusiaan, penjaga adat tradisi leluhur, memperjuangkan Papua agar semakin sejahtera dalam semangat persaudaraan dan cinta kasih serta almarhum adalah salah satu tokoh yang memperjuangakan Papua dalam bingkai NKRI pada saat proses PEPERA tahun 1969, sehingga sudah sepantasnya diusulkan gelar pahlawan nasional,”katanya.

wawan/ppwi

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM