Scroll to Top
19 Kampung Dan 19 Distrik Di Asmat Dicanangkan Kampung KB
Posted by Redaksi on 6th Desember 2018
| 62 views
Bupati Asmat Elisa Kambu,S.Sos,ketika memberikan sambutan dalam acara Pencanangan Kampung KB di Balai Penyuluhan Dinas DPPKB Asmat (Foto:Dok.PapuaLives)

Agats , Pencanangan Kampunng Keluarga Berencana (KB) di 19 Kampung dan 19 Distrik Kabupaten Asmat yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Papua
Pencanangan Kampung KB di 19 Distrik diantaranya Distrik Agats, Atsj, Sawa Erma, Akat, Fayit, Pantai kasuari, Suator, Suru-suru, Kolf brasa, Unir sirau, Joerat, Pulau tiga, Jetsy, Der koumur, Pantai kasuari, Safan, Sirets, Ayib, Betcbamu. Rabu ( 05/12/2018)

Sedangkan 19 Kampung yaitu, 19 kampung kaye, Cuwew yamew, Pupis, jewes, Waras, Sanapai, wowi, Tomor, Binamsain, Komor, Yeni, Nakai, Warse, Amkai, Kawem, Santambor, Yaosakor, Yefuwagi, Omanesep.
Pencanangan tersebut dilaksanakan di Balai Penyuluhan Dinas DPPKB Asmat dihadiri Bupati Asmat Elisa Kambu,S.Sos, Sekretaris Daerah Bartholomeus Bokoropces,S.Sos,M.Ec.Dev Kepala Dinas BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar,SE,M.Si, Asisten II Setda Dr.Daniel Rumruren, Kepala OPD Asmat, Ketua PKK Asmat Orpa Susan Kambu. S.Pd, Kepala Distrik Asmat, Kepala Kampung Asmat, beserta rombongan BKKBN Provinsi dan tamu undangan lainya.

Bupati Asmat Elisa Kambu menjelaskan, Masa depan anak-anak Papua khususnya anak-anak Asmat serta di Indonesia pada umumnya menjadi tanggung jawab kita semua. Slah satunya melalui sinergi Provinsi Papua dan Pemda Asmat yang telah mencanangan Kampung dan Distrik KB sebagai bentuk bukti nyata yang sedang diperjuangkan guna membangun fondasi masa depan anak Asmat yang tercerah dan cemerlang. Keluarga adalah vondasi dasar pembangunan pembentukan manusia yang telah dimulai dari keluarga selain itu juga BKKBN tidak mempunyai niat untuk membatasi kelahiran akan tetapi semangat generasi yang akan kita hadirkan memiliki kualitas hidup yang memadai sehingga menghadapi tantangan global yang di hadapi di indonesia

“Yang kita laksnakan hari ini sebagai tindak lanjut pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju generasi emas pada 2045 sebaagi hari peringatan ulangan tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ke 100 Tahun,”paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas BKKBN Provinsi Papua Sarles Brabar, SE, M.Si menambahkan, kehadiran program KB direncanakan pada Tahun 2016 yang lalu saat Presiden Joko widodo memanggil semua kementerian dan lembaga agar dapat membuat program pemerintah yang dapat menghadirkan pemerintah pusat lebi dekat di tengah-tengah masyarakat yang berada di pinggiran atau kampung.

“Melalui konsep BKKBN sala satunya melalui kampung Keluarga Berencana (KB) yang telah dilaksanakan saat ini,”tandasnya.

Olehnya itu melalui BKKBN Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengintrupsikan agar program tersebut segera dilaksanakan di pada daerah terpencil yang berada di Indonesia sala satunya di Papua Kabupaten Asmat.

Sarles menghimbau kepada masyarakat agar program Keluarga Berencana (KB) agar jangan ditakuti karena tujuanya bukan mengurangi tetapi memberikan arah untuk bagaimana dapat mengatur keluarga yang bisa sejahtera, damai dan berkualitas

Ia juga mengaku, program KB sudah terdaftar sebagai salah satu program yang dilindungi melalui Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (HAM PBB) yang telah diputuskan Tahun 2017 yang lalu.

“Hal ini bertujuan agar masyarakat bebas mengatur keluarga sehinga memiliki kesejahteraan yang baik serta ditingkatkan kualitas sumber daya mereka masing-masing,”tuturnya.

Fagi Difinubun

 

Berikan Komentar Anda