BALIK ATAS
24 Distrik Akan Peroleh Dana Bansos PKH
Diterbitkan Oleh: Redaksi Date 11th Desember 2017
| 183 Dibaca
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Teluk Bintuni, Johny Ibori, S.Sos (Foto : Daniel/PapuaLives)

Bintuni,Sebanyak 24 distrik yang ada di kabupaten Teluk Bintuni akan mendapatkan dana bantuan sosial (Bansos) lewat program keluarga harapan (PKH) yang saat ini sudah berjalan di dua distrik yaitu distrik Bintuni dan distrik Manimeri.
“Seluruh distrik yang ada di kabupaten Teluk Bintuni akan mendapatkan dana Bansos PKH. Kami telah memverifikasi 14 distrik sebagai calon penerima dana Bansos PKH pada tahun 2018 dengan jumlah 2.046 Keluarga Penerima Manfaat (PKM) yang datanya sudah kami kirimkan ke Kementrian Sosial RI.

Adapun 14 distrik datanya yang sudah kami kirim tersebut terdiri dari distrik Aranday, Moskona Barat, Tembuni, Tuhiba, Dataran Beimes, Wamesa, Masyeta, Moskona Selatan, Moskona Timur, Kamundan, Weriagar, Tomu, Biscoop, serta Merdey. Baru 14 distrik yang kami sudah verifikasi sesuai data distrik yang sudah kami terima dan distrik yang belum mengirimkan datanya itu menyusul.

Program PKH ini akan berjalan selama 5 tahun yang juga merupakan salah satu program andalan presiden Jokowi. Jadi selama presiden Jokowi masih memimpin maka program ini akan terus berjalan.

Program Bansos PKH di kabupaten Teluk Bintuni baru berjalan satu tahun di dua distrik yaitu distrik Bintuni dan Manimeri dengan 1.071 PKM. Dan program ini dinilai sangat menyentuh masyarakat miskin dan sangat cocok untuk mengentaskan kemiskinan di kabupaten Teluk Bintuni,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Teluk Bintuni, Johny Ibori, S.Sos, Jumat (8/12/2017).

Disebutkan bahwa dua distrik sebagai penerima Bansos PKH yaitu distrik Bintuni dan Manimeri pada bulan Desember 2017 ini memasuki penyaluran Bansos PKH tahap IV atau terakhir di tahun ini dan akan dilanjutkan lagi pada tahun berikutnya selama 5 tahun.

Penyaluran Bansos PKH tahap IV telah dilaksanakan pada tanggal 07 Desember 2017 dibeberapa titik yaitu di Kantor Bank Mandiri Cabang Bintuni, Aula Kampung Banjar Ausoy, SP-4 serta Aula Kampung Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat karena program PKH ini sangat menyentuh masyarakat Bintuni. Dan telah dikirimnya data 14 distrik untuk menerima Bansos PKH di tahun 2018 maka dari pusat juga sudah melakukan seleksi tenaga pendamping KPM secara online dan telah diterima 7 orang.

Tenaga pendamping yang ada saat ini belum cukup sehingga kami akan mengkomunikasikan dengan Kementrian Sosial agar dilakukan tes offline untuk penambahan tenaga pendamping.

Setiap distrik nantinya bisa mendapatkan 2 sampai 3 tenaga pendamping ditambah 1 operator. Tergantung dari jumlah KPM yang dimiliki distrik tersebut kalau KPM yang dimiliki misalnya ada 200 sampai 300 KPM itu akan mendapatkan 2 sampai 3 tenaga pendamping.

Kami berharap masyarakat yang telah mendapatkan Bansos PKH dari pusat ini agar menggunakan dana itu dengan baik,” pungkasnya.

Daniel MD

Berikan Komentar Anda