563 Orang Rapid Tes Covid-19, Kolaburasi HIV dan Malaria, “57 Reaktif, 506 No Reaktif, 6 HIV dan 19 Malaria”

Nabire : Tim Tugus Tugas Covid-19 Kabupaten Nabire melakukan pemeriksaan rapid tes dan juga kolaburasi pemeriksaan hiv dan malaria di halaman guest house nabire, senin, 1 Juni 2020.
Pemeriksaan rapid tes dan juga kolaburasi pemeriksaan hiv dan malaria dilalkukan bagi TNI/POLRI, kontak erat masyarkat umum, sopir lintas, dan juga beberapa pejabat di kabupaten nabire, perusahaan, yang mana sebagian orang ingin berangkat, apabila sudah ada transporasi terbuka, baik darat, laut, dan udara di nabire.
Pemeriksaan rapid tes dan juga kolaburasi pemeriksaan hiv dan malaria di mulai dari jam 10.00 wit, hingga jam 15,30 wit, yang mana sebanyak 563 Orang yang mengikuti hal ini di sampaikan Juru Bicara Covid 19 di Kabupaten Nabire Frans Sayori.
Dari 563 Orang yang mengikuti pemeriksaan rapid tes, kolaburasi pemeriksaan hiv dan malaria, sebanyak 57 Orang Reaktif, 506 Orang Non Reaktif, 6 orang HIV, dan 19 malaria.
Dari 6 orang HIV, 1 di antaranya Reaktif Rapid Tes ,sementara 5 orang HIV dan 19 malaria Non Reakfif dari 506 Non Reaktif.
Perlu di ketahui bahwa, yang reaktif rapid tes belum tentu positif covid 19, yang mana rapid tes ini merupakan skrining awal dan akan dilanjutkan dengan pemeriksaan swab, sementra pemeriksaan rapid tes di fokuskan di dua tempat yakni di guest house dan juga rumah sakit nabire, hal ini dilakukan untuk mempermudah koordinasi.
Sementara itu, sampel swab yang di ambil tidak lagi di kirim ke litbangkes provinsi papua, namun sampel swab akan di lakukan pemeriksan di RSUD Nabire, karena rumah sakit telah memiliki close system atau tes cepat molekuler (TCM) untuk menguji sampel swab covid-19.

Berikan Komentar Anda
Share Button