Balik Atas
AMB Bintuni Raih Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik
 
Pewarta: Redaksi Edisi 21/07/2017
| 755 Views

Bintuni , Pemerintah kabupaten Teluk Bintuni mendapatkan penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2017 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Repormasi dan Birokrasi RI atas inovasi layanan transportasi terpadu Angkutan Masyatakat Bintuni (AMB).

Kepala Dinas Perhubungan Teluk Bintuni Victor Ririhena SE mengatakan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja sama semua pihak selama ini termasuk warga masyatakat yang menggunakan armada bus AMB. “Teman-teman di UPT AMB menerima piagam penghargaan ini karena dianggap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Bintuni,” ujar Victor, Mantan Kepala Samsat Bintuni itu, Senin (17/7/2017).

Diterangkan bahwa dalam ajang inovasi pada tahun 2017, AMB ikut berpartisipasi mengenai pelayanan tranportasi di masyarakat, bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Teluk Buntuni dengan membawa prodak ungulanya yaitu buah merah.

Dalam acara tersebut juga telah ikuti sebanyak 3.054 peserta dari seluruh Indonesia, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Teluk Bintuni salah satu Kabupaten Yang terpilih dalam TOP 99 tersebut.

Dan saat ini, UPT AMB Teluk Bintuni juga ikut dalam ajang Top 40 yang di selengarakan oleh kementrian yang sama yang akan di nilai dari trobosan dampak yang di rasakan oleh masyarakat, sebelum adanya AMB dan Sesudah ada AMB.

Sementara itu, menurut Kepala UPT AMB Marthen Kilonressy, terminal tersebut pada akhir tahun ini akan segera difungsikan terminal transit itu, mudah-mudahan pada akhir tahun ini, sudah bisa digunakan.

Selain itu, trayeknya juga akan segera di atur kembali, sehingga pelayanan Bus AMB ke masyarakat dapat menyeluruh, terutama pada daerah yang padat penduduknya.

Dan tarif Bus AMB juga akan segera mengalami perubahan akan lebih murah lagi, sehingga masyarakat tersebut akan beralih mengunakan tranportasi umum tersebut.

Marthen juga mengatakan, dalam sehari pihaknya telah mengoperasikan sebanyak 6 unit kendaraan Bus, yang akan di bagi menjadi 2 koridor (trayek) namun dalam pengoprasian kendaraan tersebut akan di utamakan daerah yang paling banyak penumpanya.

“Setiap hari Senin sampai Jumat kita mengoprasikan 6 unit kendaraan, 4 unit bus kita operasikan arah pasar sentral ke kantor bupati dan dua bus ke arah kompi, untuk hari sabtu kita akan oprasikan 4 unit bus dan untuk hari minggu kita akan oprasikan sebanyak 3 unit bus saja,” ujar mantan Kepala Distrik Biscoob itu.

Untuk menarik minat masyarakat dalam kota Bintuni menggunakan tranportasi umum, UPT Angkutan Masyarakat Bintuni (AMB) adakan Kuis berhadiah bagi penguna tranportasi AMB.

Masyarakat cukup menyimpan potongan tiketnya, yang nantinya dapat di jadikan bukti, bila mana nomor yang tertera dalam tiketnya tersebut keluar sebagai pemenang.

Marthen juga mengatakan, bila pihaknya juga telah melakukan undian yang sama pada saat menyambut hari ulang tahun kabupaten beberapa waktu lalu, dengan memberikan hadiah berupa mesin cuci dan kulkas bagi penguna tranportasi AMB.

Sedangkan dalam Oprasinya Bis AMB tersebut terbagi menjadi dua koridor yaitu dari pasar sentral Bintuni menuju kantor Bupati manimeri dengan biaya sekali naik sebesar 10 ribu rupiah bagi penumpang dewasa dan 5 ribu rupiah bagi penumpang pelajar.

Untuk Bus AMB jurusan pasar sentral menuju ke arah kompi E Bintuni dengan Biaya sekali naik sebesar 5.000 rupiah bagi penumpan Dewasa dan 3.000 rupiah untuk penumpang pelajar.

Berbedanya ongkos kendaraan di karenakan jauh dekatnya rute perjalanan kendaraan tersebut, dan pendapatan AMB dalam tiap tahunya mengalami kenaikan di tahun 2016 pendapatan kita kurang lebih 7 juta, tapi di tahun ini bisa mencapai 10 juta .

Dan AMB tersebut merupakan tranportasi yang telah di siapkan pemerintah untuk masyarakat di kota Bintuni.

Daniel/Kadate

Berikan Komentar Anda