Balik Atas
Anak Papua, jangan paksakan diri bela timnas Indonesia
 
Pewarta: Redaksi Edisi 13/11/2017
| 736 Views
Bambang Pamungkas dan Boasa Salossa Saat Memperkuat Timnas (Foto:IST)

Jayapura,- Pelatih Kepala Persipura U19 Abdul Manaf yang sempat menyentil pelatih timnas U19 Indra Safri gara-gara minimnya alias tak ada satupun anak Papua masuk skuad timnas U 19 Indonesia. Walau akhirnya Jefry Hendry Bisai asal Papua dicoret dari timnas U 19.

Tak heran kalau legenda timnas Indonesia Elly Aiboy begitu kecewa dan sedikit menyayangkan tidak adanya pemain dari Papua di skuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri.

Padahal Papua kata Aiboy sendiri merupakan salah satu daerah yang banyak menghasilkan banyak pemain-pemain sepakbola top bagi Timnas Indonesia. Bahkan, Papua juga memiliki salah satu klub paling hebat dalam sejarah persepakbolaan profesional Indonesia, yakni Persipura Jayapura yang banyak menorehkan tinta emas di Liga Indonesia.

“Kita lihat tak ada satu pun pemain Papua di skuat Timnas U-19. Hal ini tak bisa terjadi. Indonesia adalah dari sabang sampai merauke, sehingga harus ada pemain Papua di dalamnya,” kata Elie dilansir dari Jawapos.

Begitupula dengan komentator sepak bola dan mantan pemain Persipura Niko Dimo bahkwa menyarankan agar semua pemain terbaik Papua direkrut dan bela Persipura untuk musim depan. ” Jadikan Persipura sebagai tim nasional dan kebanggaan orang Papua,”katanya dalam siaran radio RRI usai tim Persipura bermain imbang melawan Sriwijaya FC. Pendapat Niko Dimo ini merasa kecewa karena kepengurusan PSSI sekarang ini jarang sekali anak-anak Papua bermain di timnas Indonesia.

Mungkin di timnas U22 ada Osvaldo Hay dan Marinus Manewar, sedangkan Boaz pernah memperkuat timnas dan memegang ban kapten. Sesudah itu tak pernah ada lagi.

Kekecewaan boleh-boleh saja tetapi pilihan pemain mutlak ada ditangan pelatih sehingga kalau tak dipilih bela timnas jangan paksakan diri. Apalagi mengemis menjadi pemain timnas Indonesia karena belum tentu masuk Piala Dunia. Sebaiknya siap diri dan bermain di klub nasional dan bila perlu ke luar negeri minimal di Asia dan Pasifik.(*)

goalpapua.wordpress.com

Berikan Komentar Anda