BALIK ATAS
Analisis Kejadian Hujan Ekstrim Tanggal 16 Maret 2019 Dan Saat Ini Periode Musim Hujan
PEWARTA: Redaktur PAPUALIVES.COM 20th Maret 2019
| 217 DIBACA
BBMK Wilayah V Jayapura (Foto:Dok.PapuaLives)

Jayapura, Hasil monitoring kondisi iklim di wilayah kota Jayapura, Sentani, Keerom dan sekitarnya menunjukkan bahwa, saat ini masih berada pada periode musim hujan. Hasil evaluasi kondisi cuaca menunjukkan terjadi gangguan pola angin berupa terbentuknya daerah pumpunan angin di wilayah utara Papua didukung dengan suhu muka laut di wilayah utara Papua yang cukup hangat dan kondisi kelembaban relatif pada lapisan atas terpantau cukup basah yaitu berkisar antara 75 – 100 %.

“Kondisi-kondisi tersebut, bertahan dalam beberapa hari ini mulai dari Tanggal 16-20 Maret 2019 menyebabkan hujan terjadi dengan intensitas ringan – sangat lebat pada wilayah Kota Jayapura, Sentani, Keerom dan sekitarnya, bahkan hujan ekstrim terjadi di Sentani, Kabupaten Jayapura dan menyebabkan banjir bandang pada malam hari tanggal 16 Maret 2019,”kata Ezri Yustina Ronsumbre, Staf Subbid Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah V kepada wartawan di Jayapura, Rabu, (20/3/2019).

Dia menjelaskan, pada tanggal 15 Maret 2019, BMKG Wilayah V Jayapura telah merilis informasi prakiraan cuaca sepekan provinsi Papua berlaku tanggal 15-21 Maret 2019 dan memperkirakan pada periode tersebut, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jayapura, Sentani, Keerom dan sekitarnya.

Pada sore hari tanggal 16 Maret 2019, pukul 18.00 wit, BMKG Papua telah merilis peringatan dini cuaca ekstrim potensi hujan lebat di wilayah Jayapura, Sentani, Keerom dan sekitarnya, melalui media sosial (WA, Telegram, Twitter) , beberapa jam sebelum terjadi banjir bandang di Sentani, Jayapura.

“Untuk 3 hari ke depan mulai 21-23 Maret 2019, diprakirakan kondisi cuaca secara umum untuk kota Jayapura, Sentani dan sekitarnya diperkirakan Berawan dan adanya potensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari, dan potensi hujan sedang hingga lebat pada malam hari dan dini hari,”jelasnya.

Himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspadai bencana hidrometeorologis seperti longsor, banjir, pohon tumbang, angin kencang yang berpotensi terjadi selama musim penghujan ini.

“Bagi masyarakat dimohon untuk tidak mudah percaya terhadap isu – isu terkait gempa, tsunami yang disebarkan oleh pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab,”harapnya.

Untuk mengetahui informasi lengkap dan terupdate mengenai info Cuaca, iklim dan gempa bumi bisa mengunjungi media sosial (facebook, twitter dan Instagram) BMKG Jayapura di “Info BMKG Papua” .

Redaksi

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM