Balik Atas
Awasi Dana Kampung, Pemda Teken MoU Dengan Polres Teluk Bintuni
 
Pewarta: Redaksi Edisi 10/11/2017
| 413 Views
Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop ketika menandatangani Mou (Foto:DMD/Kadate)

Bintuni,Pemerintah Daerah (Pemda) Teluk Bintuni bekerjasama dengan Polres untuk mengawasi dana kampung. Ini ditertua dalam nota kesepahaman (MoU) yang diteken di aula KPU Bintuni, Rabu (8/11/2017).

Wakil Bupati Teluk Bintuni Matret Kokop, SH mengatakan program dana kampung yang telah dikucurkan oleh pemerintah, perlu adanya pengawasan dari aparat keamanan, sehingga dana tersebut bisa tepat sasaran.

Pengawasan dari aparat kepolisian, bukan untuk mempersempit ruang gerak para kepala kampung dalam mengelola dana itu, melainkan bertujuan agar dana bisa tepat sasaran untuk mensejahterakan masyarakat Teluk Bintuni, ujar Matret Kokop.

Kepala Inspektorat Bintuni I Wayan Sidia ST menjelaskan bahwa Teluk Bintuni merupakan wilayah yang begitu luas dan letak grografis yang cukup menantang, sehingga perlu adanya pengawalan dana kampung.

Wayan menerangkan, pengelolaan dana kampung melibatkan masyarakat dalam membuat dan menyusun program dan kegiatan kampung. Seperti padat karya, yang dikerjakan oleh masyarakat dan tidak dipihak-ketigakan.

Upaya pencegahan penyelewengan dana kampung, pihaknya telah berupaya untuk melakukan kegiatan sosialisasi, dan melibatkan tim dari siber pungli.

Saat penandatanganan MoU tersebut hadir para kepala kampung dan juga sekretaris kampung serta kepala Distrik. Ini penting agar mereka dalam melaksanakan tugas dalam mengelola dana kampung secara baik dan bertanggungjawab.

Kapolres Teluk Bintuni AKBP Andriano Ananta SIK mengatakan, peran pihak kepolisian lebih pada membantu agar dana kampung digunakan sebagaimana mestinya. “Kalau ada kesalahan, kita akan lihat dan memberi tahu. Jika tidak diindahkan maka bisa menyebabkan yang bersangkutan diproses hukum,” ujar Kapolres pada media saat itu.

dmd/kadate

 

Berikan Komentar Anda