BALIK ATAS
Bappeda Jayapura Ingin Air Terjun Sebagai Sumber Pembangkit Listrik
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 16th Desember 2018
| 393 DIBACA
Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Dra. Hanna Hikoyabi (Foto:pacificpost/PapuaLive)

Sentani,Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua memiliki banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan masyarakat di dalamnya. Salah satunya adalah pemanfaatan listrik dari air terjun. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Hana Hikoyabi, mengatakan jumlah air terjun untuk dijadikan pembangkit listrik cukup banyak. Yang cukup besar di antaranya air terjun Cyclop di Sentani yang berasal dari Gunung Cyclop dan Air Terjun Kampung Harapan.

“Air terjun potensinya banyak. Di Pos 7 ada satu air terjun, di pos lain ada dua. Jadi banyak,” kata Hana, Minggu (16/12/2018).

Selain itu, Hana mengatakan banyak juga air terjun lebih kecil yang bisa dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH). Dia berharap air terjun ini bisa jadi sumber pembangkit listrik yang baru.

Dia mengatakan rencana ke depan pemanfataan listrik dengan menggunakan air terjun memang akan dibangun. Tapi masih dalam tahap rencana. Hana enggan merincinya secara detail.

Selama ini, pasokan listrik di Kabupaten Jayapura masih banyak ditopang dari penggunaan diesel atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Tapi, kata dia, tak ada kendala yang berarti. Listrik menyala dengan lancar dari PT PLN (Persero).

kumparan.com

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM