Batas Pengumpulan Data 16 Mei, Norbert Mote: Pemkam Percepat Pendataan Penerima BLT
Pewarta: Eman You
| 484 Dibaca
EDISI TERBIT: 12 Mei 2020
Kepala DPMK Nabire Norbertus Mote, SE. M.Si saat di jumpai media Senin (11/05/2020) di ruang kerjanya. (Foto:Eman/PapiuaLives)

Nabire, Dari 72 Kampung yang berada dalam Wilayah Administrasi Kabupaten Nabire hinga kini baru sejumlah Kampung yang sudah memasukan datanya di pihak DPMK, namun setelah di verifikasi, ternyata masi ada kedepatan pendobolan data dan melebihi kapasitas pengumpulan data dari 35% dana yang harus diterima, sehingga telah dikembalikan kepada pihak Pemkam untuk diverifikasi dan Validasi ulang.

“Ada beberapa kampung yang sudah masukan datanya. Tapi setelah kita cek di lapangan mereka yang berhak mendapatkan BLT mengalami pendobolan data dengan penerima bantuan PKH dan ada kampung pengambilan dananya lebih dari 35% pagu anggaran yang sudah di tetapkan Pemerintah Pusat. Karena itu kami minta kepada Pemkam memverifikasi kembali datanya,” ungkap Kepala DPMK Nabire Norbertus Mote, SE. M.Si saat di jumpai di ruang kerjanya, Senin (11/05/2020)

Dikatakan Norbert, sebelumnya memang pihaknya rencanakan dalam minggu ini sudah bisa dicairkan, namun karena data penerima BLT belum terkumpul sehingga dimajukan batas waktunya hingga tanggal 16 Mei 2020 mendatang.

“Perampungan datanya kita geser sampai tanggal 16 mei 2020, sehingga berapa pun data yang sudah di selesaikan tanggal 16 mei 2020. Tetap kami proses ke BPKAD dan KPPN,”tutur Norbert.

Agar semua tuntas dalam kurung waktu yang ditentukan maka, Norbert mengaku, pihaknya sedang memastikan penginputan data dari pihak Pemkam agar penyaluran BLT cepat terlaksana sesuai waktu yang ditentukan.

Norber Menuturkan, Mekanisme Pencairan dan Penerimaannya sama dengan mekanisme sebelumnya.Tidak berubah.

“Kalaupun datanya sudah terkumpul kami akan lampirkan data-data itu ke KPPN melalui BPKAD dan Desa sendiri yang menerima melalui rekening Kampung di bank,”beber Norbert.

“Jika dana sudah dicairkan maka,tergantung rencana Bupati apakah diserahkan simbolis kepada sejumlah kampung atau kampung sendiri yang membagikan kepada masyarakat meneriman BLT. persolan teknis penyaluran akan diatur kemudian,”katanya.

Batas waktu akhir, Jumat (16/5/2020) sehingga, Norbert mengaharapkan kepada pemerintah kampung agar secepatnya untuk menyerahkan data-data penerima bantuan, agar  secepatnya bisa di salurkan ke masyarakat penerima BLT.(*)

Berikan Komentar Anda
Share Button