Biak siapkan lahan bangun arena hoki PON Papua 2020


Biak, Pengurus Daerah Federasi Hoki Indonesia (FHI) Papua akan menyiapkan lahan pembangunan arena cabang hoki yang representatif untuk digunakan pada Pekan Olahraga Nasional XX Papua pada 2020.

Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Federasi Hoki Indonesia (FHI) Papua Yotam Wakum di Biak, Selasa (5/12/2017), mengakui fasilitas berupa arena cabang hoki PON 2020 layak dibangun di Kabupaten Biak Numfor.

“Pengurus FHI Papua bersama Pemkab Biak Numfor mendorong percepatan fasilitas venue cabang olahraga hoki dibangun berstandar internasional,” ungkap dia sebagaimana dilansir Antara.

Ia mengatakan dukungan untuk pembangunan arena cabang olahraga hoki di Kabupaten Biak Numfor sudah mendapat dukungan dari Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia di Jakarta.

Untuk masalah lahan tempat pembangunan arena PON, menurut Yotam, hingga saat ini sudah disediakan dan tinggal menunggu persetujuan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Biak Numfor.

Screenshot_061614_023712_PM

Yotam menyebutkan bahwa cabang olahraga hoki di Tanah Papua menjadi olahraga prestasi karena telah menyumbang medali emas, perak, dan perunggu pada ajang PON XIX Jawa Barat serta Kejuaraan Nasional Hoki pada 2016.

Berdasarkan data, atlet hoki yang memperkuat Papua dan Indonesia pada ajang internasional SEA Games Malaysia pada 2016 dominasi para atlet, baik putra maupun putri berasal dari Kabupaten Biak Numfor.

“Biak menjadi gudang untuk mencetak atlet cabang hoki putra putri Tanah Papua sehingga layak venue PON 2020 dipusatkan di Kabupaten Biak Numfor,” demikian Yotam Wakum.

Berdasarkan data, sekitar 60-an atlet hoki, baik putra maupun putri, saat ini sedang berlatih di lapangan hoki Mandala Biak untuk persiapan mengikuti Kejurnas 2017 di Jakarta. (*)

Berikan Komentar Anda