BALIK ATAS
Blog ?
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 10th Agustus 2014
| 809 DIBACA

BLOG

Foto : Blog Atribut /google.com
Blog adalah singkatan dari kata Weblog , yaitu suatu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (biasanya dimuat sebagai bentuk posting) pada sebuah halaman web umum. Istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link (pranala) ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari sipengguna blog tersebut.

Seiring dengan waktu, Blog kemudian berkembang bentuk sesuaidengan keinginan para pembuatnya atau yang biasa disebut sebagai Blogger (subjek). Pada awalnya blog biasa digunakan oleh seorang blogger sebagai bentuk catatan (diary) online mereka, sehingga bebas dibaca oleh siapapun di internet. Bermula dari bentuk diary yang sederhana, kini blog mulai berkembang menjadi bentuk yang lebih kompleks baik dari segi isi (konten), tampilan, hingga kebergunaannya.

Ciri-ciri blog yang biasa dikenal:
*. Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
*. Terdapat arsip untuk berita atau informasi baik baru maupun lama.
*. Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
*. Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
*. Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll .

Sejarah Perkembangan Blog

Mungkin Blog pertama yang pernah muncul adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape . Pada Januari 1994, Justin Hall kemudian memulai website pribadinya – Justin’sHome Page – yang kemudian berubahmenjadi Links from the Underground yang bisa disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Pada awal munculnya blog, tidak banyak orang yang dapat membuatnya. Hal ini disebabkan padasaat itu dibutuhkan keahlian dan pengetahuan khusus tentang bagaimana mambuat website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang expert di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer sajalah yang mampu menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang didirikan oleh perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab padaAgustus 1999. Layanan blog pada Blogger.com memungkinkan siapapun dengan pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara online dan gratis. Pada akhir tahun 2002, Google akhirnya mengakuisisi Blogger.com. Sejak saat itulah media blog Blogger.comkian berkembang dengan banyaknya fitur maupun aplikasi-aplikasi penunjang yang bersifat terbuka ( open source ) yang ditujukan untuk perkembangan sang pemilik blog itu sendiri. Kemudian belakangan munculah berbagai media ( platform ) blog yang lain, seperti movable type , WordPress , dan lain sebagainya.
Hingga kini blog telah berkembang pesat tidak lagi sebagai catatan harian saja, namun telah beradaptasi menjadi sebuah media publikasi baik itu dalam masalah sosial politik, kesehatan, informasi, hukum, agama, pendidikan, bisnis, maupun sebagai toko online.
Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis ( multi user ). Hampir semua blog memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Saat ini pertumbuhan blog semakin pesat. Hal ini diketahui dari banyaknya orang-orang biasa (yang notabene bukan expert dalam bidangIT) yang memiliki blog, entah itu pribadi maupun komersial. Banyaknya blog yang berkembang di dunia maya ini memunculkan suatu dunia tersendiri. Dunia inilah yang disebut sebagai Blogosphere .

Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk antar blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti halnya kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kumpul-kumpul (kopi darat).
Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.
Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkankedaerahan atau wilayah tertentu (contoh: Bloggor ), Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atauyang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus (contoh: Blogger IPB ).

Febrianerz

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM