BALIK ATAS
BPBD Teluk Bintuni Lihat Lokasi Rawan Banjir di Distrik Tuhiba
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 17th November 2017
| 607 DIBACA
Foto bersama usai memberikan Informasi (Foto:dmd/Kadate)

Bintuni,Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Teluk Bintuni Melianus Naa, SH beserta staf melakukan kunjungan melihat lokasi rawan bencana banjir di Distrik Tuhiba, Kamis (16/11/2017).

Sebelum melihat lokasi yang kerap terjadi banjir, Kalaksa BPBD Teluk Bintuni Melianus Naa diterima kepala Distrik Tuhiba Lukas Iba SIP di kantor Distrik.

Pertemuan berlangsung sekitar 30 menit. Kepala Distrik Lukas Iba memberikan informasi umum kondisi Distrik yang berbatasan dengan tiga Distrik (Dataran Beimes, Tembuni dan Bintuni) itu terutama tentang situasi ketika musim hujan dan terjadi luapan air dan banjir menggenangi pemukiman warga.

Bersama Kepala Distrik, Kalaksa BPBD Melianus Naa didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rahman Usman serta beberapa staf lainnya bergerak cepat melihat lokasi yang kerap jadi langganan banjir/genangan air karena luapan sungai.

Mulai dari Kampung Tuhiba, lihat daerah disekitar kantor Kampung Tuhiba, lalu ke kampung Sibena Raya dan terakhir kampung Sibena Permai. Tiga kampung ini yang kata Kepala Distrik Tuhiba Lukas Iba perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah, khususnya instansi teknis.

Distrik Tuhiba, pada kampung Sibena Raya dan Sibena Permai dikelilingi 2 (dua) sungai yakni Cih dan sungai Bangkah. “Kalau hujan, daerah ini terendam air termasuk Masjid dan Gereja,” ungkap Lukas Iba di kampung Sibena Raya.

Ke kampung Sibena Permai, ada kepala Kampung yang bersama kepala Distrik memberikan informasi. Kampung ini ada pemukiman yang bila musim hujan terjadi banjir. “Pernah hujan malam dan terjadi banjir. Pakaian dan barang-barang lain yang ditaruh di dapur bangun lihat sudah tidak ada. Dibawah air saat banjir,” ujar Kepala Kampung itu.

Kalaksa BPBD Teluk Bintuni Melianus Naa mengatakan, akan melakukan kunjungan lagi dan melibatkan instansi teknis terkait lainnya.

“Kita lihat dampak bencana banjir yang berulang kali. Maka ini tahap pertama nanti tahap kedua turun lihat lagi. Kita akan lapor ke Bapak Bupati. Dan akan melibatkan Dinas PU,” kata Mantan PNS pada Dinas Kehutanan Teluk Bintuni itu.

Kunjungan tersebut sebagai respon terkait laporan dalam bentuk surat yang dikirim mereka pada BPBD Teluk Bintuni itu.

DMD/Kadate

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM