BALIK ATAS
BPS Nabire Menggelar Upacara Hari Statistik Nasional 2018
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 28th September 2018
| 244 DIBACA
Upacara di halaman Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Nabire, rabu 26 September 2018 Dalam Rangka Hari Statistik Nasional (Foto:nabire.net/PapuaLives)

Nabire,Peringatan Hari Statistik Nasional 2018 diperingati dalam suatu upacara di halaman Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Nabire, rabu 26 September 2018.

Upacara HSN 2018 di BPS Nabire dipimpin langsung Kepala BPS kabupaten Nabire, Tri Setyanto SS, diikuti jajaran Staf BPS kabupaten Nabire.
Dalam amanatnya, Tri Setyanto menegaskan bahwa statistik bukan sekedar deretan angka-angka mati namun statistik adalah landasan untuk mendukung perencanaan sehingga tepat sasaran dalam capaian pembangunan.


Tri Setyanto juga mengajak kepada jajaran BPS untuk menunjukkan profesionalitas, integritas tinggi dan amanah. Disamping itu harus bisa memperhatikan kredibilitas serta meningkatkan kualitas data BPS melalui independensi, inovasi dan komunikasi.

Diakhir sambutannya, Tri Setyanto mengatakan, jajaran BPS harus mampu mengkomunikasikan kepada masyarakat akan pentingnya data dan informasi statistik yang dihasilkan untuk mengukur kemajuan pembangunan di Indonesia, selaras dengan tema HSN tahun ini yakni “Dengan Data, Tingkatkan Prestasi Bangsa”.

 

Seperti diketahui Sejarah Hari Statistik Nasional berawal tanggal 26 September 1960. Bermula dari ditetapkannya UU Nomor 7 tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistik Ordonnantie tahun 1934. UU Nomor 7 tersebut secara rinci mengatur penyelenggaraan statistik darn organisasi Biro Pusat Statistik.

Kemudian pada tahun 1996, Presiden Soeharto menetapkan tanggan diundangkannya UU Nomor 7 tahun 1960 tentang statistik sebagai Hari Statistik Nasional, dengan alasan bahwa kelahiran UU tersebut merupakan titik awal perjalanan BPS dalam mengisi kemerdkeaan di bidang statistik yang selama ini diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial. Kemudian, Pemerintah RI menetapkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 6 dan 7 Tahun 1960.

Nabire.Net

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM