Balik Atas
Bulan April Dana Kampung Semua Tersalur
 
Pewarta: Redaksi Edisi 27/02/2015
| 1126 Views
Salah seorang ibu peserta Musrembangkam di sebuah kampung sedang menyampaikan
 aspirasi agar pengembangan ekonomi kaum perempuan dapat dibiayai dari dana kampung
Foto : Yan
Sentani,26/02/2015,PAPUALIVES.COM– Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kampung (BPMPK) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basry, S.Sos, M.Si kepada wartwan, di ruang kerjanya mengatakan, terakhir Bulan April semua dana-dana kampung akan di salurkan.

 Penyeluran dana kampung dilakukan secara bersamaan, entah dana itu berusmber dari APBN, APBD Propinsi naupun APBD Kabupaten. Sehingga semua program pembangunan di tingkat kampung yang disusun melalui suatu Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kampung (Musrembangkam) dan termuat dalam Rencana Kerja Pemerintah Kampung.
Menurutnya, saat ini semua kampung di Kabupaten Jayapura sedang didorong untuk melakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kampung (Musrembangkam) di setiap kampung, supaya akhir Bulan Februari semua kampung sudah selesai dengan Musrembangkan selanjutnya hasil-hasil Musrembangkan akan dibawa ke Distrik untuk dibahas pada Musrembang Distrik.
Diharapkan, semua kampung dapat menyelesaikan Musrembangkam agar memasuki Bulan Maret pihaknya akan fokus dengan Musrembang di tingkat distrik. Setelah musrembang di 19 distrik selesai pada awal maret makan pertengahan atau akhir Maret terlaksana Musrembangda Kabupaten Jayapura.
Setelah Musrembangda, lanjut Basry, pemerintah daerah melalui BPMPK selaku instansi tekhnis akan menyipakan tahapan pergesaran keuangan kampung untuk disalurkan ke setiap rekening kampung. Setalah semua dana kampung tersalur selanjutnya pemerinta kampung bersama masyarakat dapat membiayai program-program yang disusun saat Musrembangkan.
“Kami juga berharap peran serta aktif dari para anggota Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) dalam mengawasi penggunaan dana kampung. Sebab Bamuskam mempunyai  kewenagan untuk melakukan pengawasan dalam hal penggunaan keuangan,” pintah Abdul Rahman.
Mantan Kepala Distrik Sentani Kota ini juga mengharapkan supaya kampung-kampung yang belum melakukan Musrembangkam agar secepatnya melakukan sehingga jangan karena satu atau dua kampung yang belum menggelar Musrembang berdampak terhadap kampung-kampung lain.
Disebutkan, Kabupaten Jayapura saat ini memiliki 139 kampung dan 5 kelurahan dengan 19 distrik. Sebagian kampung masuk kategori pedalaman.  Untuk itu, pemerintah daerah dalam beberapa kesempatan melalui SKPD tekhnis terus berupaya agar pemmbangunan dapat berjalan secara merata baik kampung-kampung di perkotaan tetapi juga kampung-kampung di daerah terpencil. 
YAN PIET F. TUNGKOYE/PapuaLives
Berikan Komentar Anda
Link Banner