Balik Atas
Bunani,Pesta Adat (Yuwoo) yang ke-3 di Gelar di Wiyogei
 
Pewarta: Redaksi Edisi 15/07/2019
| 527 Views

Dogiyai,Komunitas Bunani Papua mengelar  pesta adat disebut”Yuwoo” yang ke-tiga kali dengan mewarnai pakaian adat tradisional meepagoo (Koteka-Mogee) pada rabu, 26 juni 2019 di Kabupaten Dogiyai. Dalam syukuran pesta adat ribuan warga masyarakat hadir menyaksikan pesta adat Yuwoo dengan koteka-moge yang merupakan simbol indentias kita sebagai orang Mee, wilayah adat meepago imi.

Kepala Suku Besar Pesta Adat Wiwitibi Boma menyatakan pesta adat kali ini yang ke-tiga adakan di Wiyogei kesiapan kami semua budaya leluhur orang tua kami masih tetap pegang dan pertunjukan seperti saat ini.

“Pakaian adat Koteka-mogee itulah identitas Budaya hidup  di mata dunia”Ungkap Wiwiti Boma.

Lanjutnya, kami punya gaya dan cara merajut pikiran positif,menghiasi,dan menjadi kreasi yang menggambarkan kemahiran pikiran dan seluruh tubuh yang memiliki gerakan batin untuk mempertahankan dan lestarikan koteka-mogee yang memiliki filosofi hidup budaya meepago west papua.

” Tradisi budayaku menjadi identitas diriku.Atribut panah busur bahasa daerah di sebut Uka Mapegaa merupakan jati diri. Maka wariskan ke generasi penerus bangsa.”katanya.

Yesaya Goo

Berikan Komentar Anda