BALIK ATAS
Bupati Nabire,Isaias Douw ,Terima UHC JKN-KIS Award 2018 dari Presiden Jokowi
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 24th Mei 2018
| 317 DIBACA
Bupati Kabupaten Nabire,Isaias Douw ,Terima UHC JKN-KIS Award 2018 dari Presiden Jokowi (Foto:Dree/PapuaLives)

Jakarta,Bupati Kabupaten Nabire,  Provinsi Papua, Isaias Douw,  S. Sos., MAP dianugerahi Universal Health Coverage (UHC), Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Award 2018 oleh Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo di Istana Negara,  Jakarta,  Rabu,  23 Mei 2018 kemarin.

UHC JKN-KIS Award 2018 diterima Bupati Isaias bersama sejumlah kepala daerah lain di Indonesia atas upayanya dalam menggratiskan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikelola oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi masyarakat miskin di daerah masing-masing.

Bupati Isaias dinilai sebagai salah satu kepala daerah yang mengupayakan masyarakatnya memiliki Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) gratis melalui BPJS.

“Hingga saat ini sebagian besar warga miskin di Nabire sudah terdaftar pada JKN-KIS dan saya minta predikat Jaminan Kesehatan bisa tercapai di Nabire tahun 2018 ini,” kata Bupati Isaias.

Bupati mengakui,  JKS-KIS gratis di Nabire pada sejumlah tempat dan warga masih dikeluhkan belum terdistribusi dengan baik sehingga beberapa warga masih membayar obat.  Karena itu,  ia minta agar tahun ini BPJS di Nabire harus memastikan bahwa semua warga berekonomi lemah di wilahnya mendapatkan JKN-KIS dengan dana yang telah disiapkan pemerintah daerah sehingga dapat berobat gratis.

“Saya minta pastikan semua warga miskin didata dengan baik dan berikan Kartu Indonesia Sehat agar berobat gratis. Saya juga minta agar segera melakukan pembenahan pelayanan kesehatan baik Puskesmas dan RSUD di Nabire.  Hal ini sejalan dengan visi dan misi saya di bidang kesehatan serta salah satu program prioritas yakni upaya kita menaikan status RSUD dari tipe C ke tipe B serta menaikan status beberapa Puskesmas,” kata Bupati Isaias.

“Penghargaan ini tidak ada artinya kalau masyarakat saya masih ada yang bayar-bayar obat dan pelayanan kesehatan buruk.  Saya mau semua warga miskin dapat kartu JKN-KIS dan berobat gratis dan mendapatkan layanan yang baik.  Kepala Kampung,  Lurah, Kepala Distrik dan BPJS bangun komunikasi dan kerja sama.  Cek baik-baik warga miskin dan distribusikan kartu JKN-KIS tepat sasaran hingga di kampung dan daerah terpencil,” harap Bupati.

Dree/Red

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM