BALIK ATAS
Dana Desa Sebesar Rp.157,9 Milyar Akan Dicairkan Pemda Jayawijaya
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 9th Juli 2015
| 2311 DIBACA
Para Kepala kampung dan juga kepala distrik se-Kabupaten Jayawijaya ketika mendapatkan arahan dari Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo. Foto:Elisa/PL
Para Kepala kampung dan juga kepala distrik se-Kabupaten Jayawijaya ketika mendapatkan arahan dari Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo. Foto:Elisa/PL

Wamena,08/07/2015,PAPUALIVES.COM – Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo mengatakan, pihaknya siap mencairkan dana desa Rp.157,9 Milyar bagi 328 Kampung di Jayawijaya. Tetapi para kepala kampong yang belum
menyelesaikan pemberkasan untuk segera selesaikan, tetapi juga pemerintah berharap dana tersebut dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengembangan di setap desa.“Tujuan kita mengumpulkan Kepala kampung dan kepala distrik hari ini kita akan mentransfer dana kampong, karena kita sudah menerima dokumen yang sudah menjadi APBD Kampung,” ujar Bupati Wempi Wetipo saat di temui usai memberikan pengarahan kepada kepala kampong dan kepala distrik di gedung Basda Yapis Wamena, Rabu (8/7/2015).

Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya memang benar-benar ingin merealisasikan dana kampung yang besar itu, sehingga seluruh kepala kampung dan kepala distrik ini dihadirkan guna melakukan penandatanganan peryataan yang mengontrol mereka dalam mengelola dana besar itu.

“Coba bayangkan, jika kampung yang besar bisa dapat di manfaatkan dengan baik maka akan Nampak kesejahtraan rakyat yang meningkat,” ungkapnya.

Kata Bupati Wetipo, dana besar akan dicairkan, tetapi pihaknya akan mengontrol dengan tim berdasarkan surat keputusan bupati.

“Kita akan mem-backup tim yang ada dengan keputusan bupati untuk mengawasi pengelolaan dengan baik, supaya tetap terawasi dan berimbas kepada kesejahtraan rakyat di Jayawijaya,”tambahnya.

Sementara, Asisten I Setda Kabupaten Jayawijaya, Tinggal Wusono mengatakan, harus dipenuhi persyaratan adalah Rencana pembangunan jangka menengah kampung dan rencana pembangunan kampung untuk tahun 2015 dan APBD Kampung yang merupakan persayatan pokok.

Tinggal mengatakan, untuk Kabupaten Jayawijaya sudah hampir 70 persen selesai dan yang 30 persen lagi tinggal dilengkapi beberapa berkas yang kurang agar dalam waktu cepat dapat di penuhi.

“Sesuai aturan pencairannya bulan Juni, sehingga setiap dokumen yang sudah rampung bisa di salurkan. Sehingga kami minta setiap kampung menyelesaikan dokumennya dan bila berkas selesai dana langsung di transfer ke rekening kampung,”tambahnya.

Untuk pencairan sendiri akan dilaksanakan dalam tiga tahap dan setiap tahap harus di pertanggungjawabkan.

Elisa Sekenyap

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM