Balik Atas
Dinas Kehutanan Dogiyai dan Deiyai Akan Prioritas 6 Program
 
Pewarta: Redaksi Edisi 15/11/2019
| 284 Views
Melkias Iyouwau, S.Hut, Plt. Kepala Cabang Dinas Kehutanan Kabupaten Dogiyai dan Deiyai (kanan). (Foto:Agus/PapuaLives)

Dogiyai,Dinas Kehutanan Kabupaten Dogiyai dan Deiyai akan berfokus dan memprioritaskan beberapa prioritas hal itu dapat bersinergi dengan Program Pemerintah Propinsi Papua .

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Cabang Dinas Kehutanan Kabupaten Dogiyai dan Deiyai,Melkias Iyouwau, S.Hut, pada acara syukuran di Kantor Kehutanan Dogiyai, Kamis (14/11/2019)

Menurut Iyowau, kedepan yang pertama akan melakukan adalah menjaga dan melestarikan sumber daya alam yang ada di kabupaten dan Deiyai beserta ekosistemnya.
Kemudian yang kedua, kata Iyowau , adanya budidaya tanaman lokal yang ada di Kabupaten Dogiyai dan Deiyai .

” Jadi satu orang harus menanam pohon 3-5 pohom dalam polibag / langsung menanam pohon-pohon dilahan kosong atau kiri kanan sungai maupun jalan dan area rumah sebagai pohon pelindung” katanya.

Yang ketiga adalah pihaknya ASN Kehutanan Dogiyai dan Deiyai akan menanam pohon tempat lahan krisis seperti Gunung Mago,bukit Tetode,Dadiyai,Duwanita, pulau Duamo.

Selanjutnya,kata dia yang keempat adalah mencegah seperti erosi,banjir, kekeringan tanah, cuaca buruk dll.

Yang kelima, Ujar dia, kegiatan program ini akan kerjasama pihak pemerintah daerah kabupaten Dogiyai dan Deiyai lebih khususnya kepada
masyarakat.

“Kami akan sosialisasi seperti kebun bibit percobaan/percontohan dan Dinas Kehutanan Dogiyai dan Deiyai akan dibuka lokasi di Mauwa dan program ini tahun depan kerja sama dengan departemen Kehutanan kota raja BINPUT sudah survei Minggu kemarin di Mauwa” katanya.

Plt Kepala cabang dinas kehutanan, Melkias Iyowau, S.Hut, mengakui diriinya ditugaskan dari Propinsi untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pemerintahan diwilayah Kabupaten Dogiyai dan Deiyai. Sehingga, apapun program tetap akan mendukung.

“kami siap mendukung program pemerintah daerah kabupaten Dogiyai dan Deiyai baik lembaga legislatif, eksekutif mahasiswa dan masyarakat terkait,bila perlu ada kerja sama yang baik untuk mendukung program pemerintah propinsi Papua”katanya.

Acara syukuran ini dihadiri oleh Pejabat Pemerintahan Kabupaten Dogiyai dan Deiyai.

Berikan Komentar Anda