Balik Atas
Dukcapil Dogiyai : Kesadaran Masyarakat Miliki Legalitas Kependudukan Sudah Meningkat
 
Pewarta: Redaksi Edisi 02/05/2019
| 227 Views
Kepala Dukcapil Kabupaten Dogiyai Yosep Kogaa (Foto: Ones/PapuaLives)

Dogiyai, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Dogiyai Moanemani akhir-akhir ini dipadati masyarakat untuk mengurusi Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk dan Akte Kenal Lahir. Hal itu di sambut baik oleh kepala Dukcapil Kabupaten Dogiyai Yosep Koga,S. Pd pada tanggal (02/05/2019) sehingga sebagai kepala sudah mengantisipasi melayani masyarakat yang ingin memiliki kartu legalitas kependudukan dengan perintahkan bawahan pelayanannya 24 jam.

Faktor utama minimnya kesadaran masyarakat memiliki legalitas kependudukan karena isu tentang KTP Elektronik adalah huruf 666 atau nomor Iblis yang dikembangkan lama oleh oknum yang merambah sampai ke pihak Pimpinan Gereja dan mempengaruhi umat dampaknya banyak orang dogiyai hingga saat ini belum memiliki semua legalitas kependudukan.

Akan tetapi dengan adanya kriteria Penerimaan CPNS yang ditempel kantor BKD Kabupaten Dogiyai untuk wajib dilengkapi oleh semua Pencaker ini mendorong dan secara tidak langsung memberikan kesadaran pentingnya memiliki Legalitas kependudukan tersebut.

Kendala di alami melayani dalam melayani kepengurusan legalitas kependudukan adalah bagi penduduk pindahan dari kota lain ke Dogiyai, kebanyakan datang kelompok ini orang asli Dogiyai yang menetap di kabupaten lain dan sudah memiliki legalitas kependudukan di kabupaten lain tetapi menuntup mau memiliki legalitas kependudukan di Dogiyai juga sampai merontak tetapi hal itu kami atasi dengan memberikan pemahaman sekaligus memperlihatkan Server setelah itu pihak Dukcapil perintahkan untuk kembali ke kabupaten asal untuk meminta surat pindah ke Dogiyai.

Dengan semangat masyarakat kabupaten Dogiyai yang dengan relah datang urus kelengkapan kependudukan ini membantu untuk menaikkan sudah aman dari Zona Merah ke Zona Kuning secara statistik nasional di kementrian Dalam Negeri di Jakarta dan akan diperjuangkan lagi supaya Kabupaten Dogiyai juga mencapai Zona Hijau atau Zona aman secara Nasional.

Sebagai kepala DUkcapil Kabupaten Dogiyai menghimbau kepada seluruh Warga yang baik wajib memiliki semua kelengkapan Kependudukan demi anak-anak kita karena dunia pendidikan yang duluhnya pakai NISN sudah tidak berlaku lagi karena sudah di ganti dengan NIK. Hal itu akan di berlakukan mulai Tahun 2019 ini.

Ones Yobee

Berikan Komentar Anda