BALIK ATAS
ESDM Bangun Pembangkit Listrik di Papua Barat, Listriki 174 Rumah di 4 Desa
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 22nd April 2016
| 1136 DIBACA
Maybrat -Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Wlikmakh di Desa Temel Distrik Ayamaru, Maybrat, Papua Barat
Maybrat -Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Wlikmakh di Desa Temel Distrik Ayamaru, Maybrat, Papua Barat (Foto:Detik)

Maybrat,22/04/2016,PAPUALIVES.COM-Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Wlikmakh di Desa Temel Distrik Ayamaru, Maybrat, Papua Barat telah rampung dibangun oleh Kementerian ESDM di pengujung 2015 lalu. Pembangunan PLTMH ini merupakan contoh pemanfaatan energi khas setempat untuk listrik di atas aliran Sungai Soan yang debit airnya tidak pernah surut.

Sedikitnya ada 2 unit pembangkit listrik bertenaga hidro dengan kapasitas 280 kva. Dua unit mesin pembangkit ini mampu melistriki 174 rumah di 4 desa di Distrik Ayamaru Jaya, yaitu desa Temel, Sosian, Soan, dan Warbo.

“Ini skala kecil untuk investasi listrik, jadi didorong untuk membantu skala-skala UKM. Dan yang mengelola orang daerah tapi masih proses,” ujar Menteri ESDM Sudirman Said saat meninjau PLTMH Wlikmakh di Desa Temel distrik Ayamaru, Maybrat, Papua Barat, Kamis (21/4/2016).

Kabupaten Maybrat mencakup 41 distrik, ibukotanya Kumurken. Kecuali di Ayamaru (bekas ibukota kabupaten), hingga kini listrik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN belum hadir sama sekali. Jarak terdekat dengan jaringan PLN adalah 15 kilometer. Untuk penerangan, masyarakat masih mengandalkan genset yang dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Maybrat.

“Ini mungkin bisa mencukupi distrik yang terdekat. Nanti kalau disambungkan ke transmisi tambahan barangkali bisa melebar,” jelas Sudirman.

Pada 2016 ini, Kementerian ESDM juga akan membangun tiga unit PLTS terpusat baru di Kabupaten Maybrat, yakni di Distrik Aifa Barat. Ketiganya direncanakan akan melistriki 12 desa, yaitu Bori, Bori Timur, Bori Selatan, Bori Utara, Bori Barat, Kocuas, Kocuas Utara, Kocuas Timur, Kokas, Kocuer, Kokas Selatan, dan Fait Sawe.

detik.com/admin/PL

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM