BALIK ATAS
Fakultas Kedokteran Uncen Layani Para Korban Banjir Bandang Di Sentani
PEWARTA: Michael Edowai PAPUALIVES.COM 26th Maret 2019
| 1324 DIBACA
Tim Medis Fakultas Kedokteran ketika memeriksa salah satu pasien korban banjir bandang sentani (Foto:Mikael/PapuaLives)

 

Jayapura,Kerja sama antara Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih dan Posko Wills Kabupaten Jayapura dalam menangani bencana alam banjir bandang di Sentani, akibat banjir yang melanda wilayah di Sentani.

“Pelayanan yang berlangsung selama satu minggu  mulai hari senin 18-23 maret 2019,” kata dr.Dallmas Edowai  kepada media papualives.com Selasa, (26/03/2019).

Posko Wills adalah salah satu Posko yang terletak di kawasan Sentani, Posko Wills mempati dibalai sosial Kabupaten Jayapura Sentani, dalam Posko terdapat kurang lebih 200 pengungsi.

“Dalam pelayanan yang selama kurang lebih satu minggu pada kesempatan itu juga tidak hanya kami layani para korban bercana tetapi semua masyarakat yang ada di sekitar itu,”ucapnya.

Adapun terdapat beberapa penyakit  yang di dapati  dan di temukan di tempat pelayanan adalah korban luka-luka, ‘Infeksi Saluran Pernapaan’ atau istilah medis “ISPA” pada ibu dan anak”. Ditemukan penyakit kulit kelamin, infeksi Tuberkulosis atau “TB” dan ibu hamil .

Dalam  kesempatan itu, Fakultas Kedokteran memberikan bantuan berupa tenaga medis baik dari dokter spesialis, dokter umum lulus fakultas kedokteran, dokter muda, mahasiswa kedokteran dan juga mahasiswa Jurusan Farmasi yang turut melayani.

Dirinya menjelaskan, ada tiga dokter utusan dari kementerian kesehatan juga turut membantu dalan pelayanan kobar banjir bandang. Namun, proses pelayanan di dukung penuh oleh  dekan Fakultas Kedokteran bapak, dr. Trajanus L. Yembise Sp. B,. Dia pimpin untuk mengerakan seluruh civitas akademik Fakultas Kedokteran  Unversitas cendrawasih dalam proses pelayanan kesehatan itu.

“Kurang lebih selama satu minggu Fakultas Kedokteran Universitas Cendrawasih melayani para korban banjir bandang Posko WILLS dengan waktu  pelayanan  24 jam. Penuh kesehatan mereka berlangsung  mulai dari hari Senin hingga Kamis, sedangkan hari Jumat dan Sabtu hanya melakukan pelayanan pada pagi hingga sore hari,”ungkapnya.

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM