BALIK ATAS
Gempha Gelar Lomba Debat Mahasiswa dengan Tema “Kearifan lokal Budaya Papua sebagai modal dasar Pembangunan”
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 28th Agustus 2018
| 784 DIBACA
Suasana Lomba Debat Mahasiswa Tahun 2018 Se-Jayapura tema Kearifan lokal Budaya Papua sebagai modal dasar Pembangunan (28/08/2018) di Aula Pertanian Waena.Jayapura (Foto:Dok.PapuaLives)

Jayapura,Kembali lagi Generasi Muda Papua Untuk Hak Adat (Gempha) bekerjasama dengan Yayasan Anak Dusun Papua (Yadupa) menggelar lomba debat ke 4 kalinya di tahun 2018 berlansung dari 28 – 29 Agustus 2018. dengan mengangkat  tema”kearifan lokal budaya Papua sebagai modal dasar Pembangunan ” lomba tersebut  diikuti sekitar 13 Tim yang tersebar dari perwakilan Perguruan tinggi dan Universitas yang ada di Kota Jayapura  berlangsung di Aula Pertanian Waena Jayapura.

Ketua Gempha Dekler I.C. Yesnath ketika dihubungi media ini mengatakan bahwa tujuan dari debat ini untuk memajukan, melihat sejauh mana pemahaman, generasi mudah Papua terkait kearifan lokal budaya dan pembangunan yang ada di Papua.

“sehingga nilai-nilai ini tidak begitu saja hilang, di era yang begitu berkembang” Decler kepada media online papualives.com (28/08/2018) siang dari Jayapura.

Lanjutnya,kegiatan debat mahasiswa untuk tahun ini kita fokus di Provinsi Papua kota Merauke dan Jayapura, dan tahun depan kita akan fokus di Provinsi Papua Barat ,Sorong dan Manokwari.

“tema ini penyingungan kearifan lokal budaya Papua berkaitan dengan Otsus, yang implementasi kurang kena sasaran. Artinya Pemerintah harus membuat satu peraturan khusus yang mengantur pengembangan kearifan lokal budaya di kalangan generasi mudah Papua, misalnya , adanya kurikulum khusus pendidikan adat, pendikan budaya di sekolah atau di kampus, sehingga terus mempertahankan kearifan lokal budaya di kalangan generasi mudah”tuturnya.

Sesuai data yang dihimpun media ini bahwa tim yang masuk final yakni Posisi pertama STFT Fajar Timur , Posisi kedua Bahasa Inggris Uncen Jayapura , Posisi ketiga BEM Fakultas Hukum Uncen Jayapura ,ketiga tim ini akan bertanding besok 29 Agustus 2018 untuk mencari juara 1 ,2 dan 3.

Weyambur

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM