Balik Atas
GEMPHA Hadir Untuk Memperjuangkan Hak-Hak Masyarakat Adat Papua
 
Pewarta: Redaksi Edisi 29/08/2015
| 1639 Views
ketua panitia lomba pidato
Fransiskus Kobepa, Sekretaris GEMPHA (Foto:Ist)

Jayapura,29/08/2015,PAPUALIVES.COM – Sekretaris Generasi Muda Papua Untuk Hak Adat (GEMPHA), Fransiskus Kobepa menyatakan, terbentuknya organisasi ini , mendasari adanya rasa prihatin, terhadap hak-hak masyarakat adat papua khususnya orang asli papua.

“Kami membentuk organisasi ini dalam lokakarya penghormatan hak-hak masyarakat adat tahun 2013 lalu, untuk melindungi dan memperjuangkan hak hak masyarakat adat papua. Kami ingin generasi muda papua bangkit dan mempertahankan hak-haknya di era globalisasi ini,” kata Fransiskus Kobepa,Sabtu (29/8/2015).

Menurutnya, GEMPHA Papua meminta semua pihak terutama Generasi Muda Papua untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan kini. Mempertahankan Hak-Hak Adat , Maupun mengembangkan ide-ide yang baik untuk membangun Papua kedepan.

“Banyak hak hak masyarakat adat di tanah papua  seperti pangan lokal,kelestarian lingkungan dan pemerintah adat yang harus dilihat untuk pembangunan papua khususnya masyarakat adat,” ucapnya.

Di tempat terpisah ,penasehat GEMPHA, Leo Imbiri  mengatakan, di Era moderenisasi perlu meningkatkan pemahaman kepada generasi muda papua.

“Yadupa bekerja sama dengan Gempha mengadakan beberapa kegiatan seperti Debat Mahasiswa beberapa waktu lalu dan kini pidato hal ini bertujuan untuk ,menggali identitas dan jati diri sebagai bagian dari masyarakat adat,sebagai orang papua.”katanya disela-sela sambutan lomba pidato tingkat SMA/MK,belum lama ini di Aula SMA YPPK Taruna Bakti Waena.

Sejauh Pantauan Media ini GEMPHA sudah melaksanakan beberapa kegiatan-kegiatan Positif seperti Lomba Debat Antar Kampus-Kampus,Lompa Pidato Tingkat SMA/MK dan kini melaksanakan kegiatan Lomba Cerita Rakyat tingkat SMP Se-Tanah Papua

Elvan Wainggai

Berikan Komentar Anda