Balik Atas
Gubernur Dorong Persentase Seleksi CPNS 80 Persen Prioritaskan OAP
 
Pewarta: Redaksi Edisi 04/02/2019
| 382 Views
Staf Ahli Gubernur Bidang Perekonomian dan SDM, Anni Rumbiak (tengah) ketika memukul tifa,Rapat Koordinasi CPNS Papua dan Papua Barat (Foto:Istimewa)

Jayapura,Gubernur Papua Lukas Enembe mendorong persentase perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, sebesar 80 persen untuk Orang Asli Papua (AOP) sementara sisanya bagi pendatang.

Hal demikian, disampaikan Gubernur Enembe dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur  Bidang Perekonomian dan SDM, Anni Rumbiak, pada rapat koordinasi pembahasan rencana pengadaan atau penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum 2019, antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Papua Barat, di Jayapura, kemarin.

Tak sampai disitu, para pelamar yang merupakan OAP, wajib lahir dan besar di Papua serta orang tua pernah atau sedang mengabdi dan bekerja diatas tanah ini. “Kalau untuk OAP tentu harus dibuktikan dengan akta kelahiran maupun KTP elektronik. Kendati demikian, bagi non Papua pun wajib memiliki KTP Papua untuk bisa diterima sebagai pelamar,” terang Gubernur Enembe.

Lukas pun berharap dari pembahasan ini dapat “lahir” tindaklanjut untuk pertemuan lanjutan bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

“Artinya hasil rapat koordinasi ini akan disampaikan kepada kementerian terkait juga Kepala BKN di Jakarta, agar dapat menetapkan waktu  pelaksanaan penerimaan CASN formasi umum 2019.”

“Kenapa mesti segera, karena Provinsi Papua dan Papua Barat sudah mengalami penundaan penerimaan CASN sejak 2017 yang lalu. Sehingga jumlah pencari kerja di kedua provinsi ini bertumpuk sangat banyak,” ucap ia.

Diketahui, rapat koordinasi tersebut membahas dan menyepakati bersama tahapan-tahapan serta penyusunan jadwal pelaksanaan, sekaligus membahas rencana pengadaan maupun penerimaan CPNS formasi umum 2019.

Rapat ini juga membahas persyaratan-persyarata bagi para pelamar atau pencari kerja di Provinsi Papua dan Papua Barat serta kabupaten/kota masing-masing.

Humas Setda Provinsi Papua

Berikan Komentar Anda