Balik Atas
Gubernur Papua Segera Lantik Bupati dan Wabup Sesuai Radiogram Mendagri
 
Pewarta: Redaksi Edisi 15/02/2016
| 3352 Views
gub pGubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MHapua
Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH

Jayapura,15/02/2016,PAPUALIVES.COM– Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.IP MH segera melantik 10 pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016 – 2021 sesuai radiogram dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo untuk melakukan pelantikan pada hari Rabu (17/2) di ibukota Provinsi Papua, Jayapura.

Namun, jelas Gubernur, pihaknya sudah berbicara dengan Mendagri untuk segera mengeluarkan SK Pelantikan 10 calon pasangan bupati dan wakil bupati terpilih untuk dilantik.

“Untuk pelantikan tadi sudah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri untuk menandatangani SK pelantikan 10 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang sudah terpilih yang akan dilantik tanggal 17 Februari,” kata Gubernur Lukas Enembe di Gedung KPK Jakarta.

Rencananya, lanjut Enembe, hari Senin (15/2) akan segera terbit SK pelantikan dari Mendagri. “Secara keseluruhan dilantik 10 Kabupaten tinggal 1 kabupaten yakni Mamberamo Raya yang saat ini tinggal menunggu putusan akhir dari Mahkamah Konstitusi,” ujar Gubernur.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua, TEA. Hery Dosinaen menjelaskan, Gubernur Papua sudah bersurat secara resmi ke Mendagri dengan memberikan berkas-berkas dari 10 kabupaten, yang diserahkan ke Depdagri.

“Mudah-mudahan hari ini (Kemarin, red) sudah harus ditetapkan, paling lambat besok, sehingga apa yang disampaikan pak menteri tanggal 17 Februari pelantikkan bisa terlaksana,” kata sekda Papua saat dicegat wartawan usai menghadiri pertemuan di Kantor BPKAD Papua, Senin (15/2).

Sebelumnya, ungkap Sekda, dalam radiogram Mendagri hanya ada enam Kabupaten diantaranya, Kabupaten Merauke, Asmat, Waropen, Pegunungan Bintang, Keerom dan Nabire. “Kita menunggu saja SK Menteri, kalau sudah ditetapkan bapak gubernur akan melantik,” jelasnya.

Pria asal NTT ini menjelaskan, untuk lokasi pelantikan pelantikan 10 pasangan bupati dan wakil bupati yang menang dalam Pilkada Serentak pada tanggal 9 Desember lalu akan disesuaikan dengan kondisi. “Bisa saja pelantikan dimana saja, kalau tempatnya dipakai kita prioritaskan KKR. Pelantikkan bisa di Sasana Krida, yang penting dilantik,” ujarnya.

Untuk diketahui, 10 kabupaten yang akan melantik pasangan bupati dan wakil bupatinya diantaranya, Kabupaten Keerom yakni pasangan Drs Celcius Watae MH dan Muh Markum SH, Kabupaten Supiori pasangan Jules F Warikar – Onesius Rumere, Kabupaten Nabire pasangan Isiasi Douw – Amirullah Hasyim.

Kabupaten  Asmat pasangan Elisa Kambu – Thomas EP Safanko, Kabupaten Merauke pasangan Frederikur Gebze – Sularso, Kabupaten Boven Digul pasangan Benediktus Tambonop – H Charitul Anwar.

Kemudian Kabupaten Pegunungan Bintang pasangan Costano Otemka – Decky Deal, Kabupaten Yahukimo pasangan Habouk Busup – Yulianus Meluka, Kabupaten Waropen pasangan Yeremias Bisay – Hendrik Wanatorey dan terakhir  Kabupaten Yalimo pasnagan Erdabi – Lakius Peyon. (Piet)

Wiyainews.com

Berikan Komentar Anda