BALIK ATAS
Guna Mensosialisasikan Pemilu 2019 KPU Dogiyai Lantik Relawan Demokrasi
PENERBIT:PPWI MEDIA Redaksi PAPUALIVES.COM 10th Februari 2019
| 151 DIBACA
Komisioner KPU Dogiyai saat berfoto bersama para relawan demokrasi (Foto:Istimewa)

KPU Dogiyai berhasil melantik 55 anggota Relawan Demokrasi pada Kamis (07/02/2019) pukul 09:30 Wit, Di Aula Koteka Moge. Puluhan relawan tersebut bertugas mensosialisasi terkait Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kepada Masyarakat di Kabupaten Dogiyai.

Ketua KPU Dogiyai, Andrias Gobay menilai relawan demokrasi diilhami dari turunnya angka partisipasi masyarakat sejak Pemilu 1999 hingga 2014.

“Karena itu untuk kembali mendongkrak partisipasi pemilih, kami membentuk relawan demokrasi ini,” terangnya di sela Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi di Aula Koteka Moge Mowanemani Kabupaten Dogiyai.

KPU Dogiyai Menilai partisipasi masyarakat di 1999 berkisar di angka 83 % namun pada 2014 menurun menjadi 73 % dari 55 orang relawan demokrasi yang dikukuhkan ini, harapan kami agaar mereka bisa menyampaikan informasi kepemiluan secara utuh kepada masyarakat. puluhan relawan itu secara prinsip bekerja sosial, menjadi penyambung lidah KPU sesuai basis pemilih yang telah ditentukan agar kualitas pemilu mendatang semakin baik.

“Harapan kami, agar pemilih meningkat dan kepercayaan publik terhadap penyelenggara juga demikian. Masyarakat semakin sadar akan hak pilihnya termasuk pemilu merupakan tanggungjawab bersama,”harapnya.

Lebih lanjut,Gobai menjelaskan bahwa sesuai target tahun ini jumlah partisipasi masyarakat dapat mencapai angka sedikitnya 77,5%, Akan tetapi mengacu angka partisipasi saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2018 di Kabupaten Dogiyai tercapai 83%.terkait bimtek, para relawan demokrasi diberikan materi seputar tahapan Pemilu 2019.

Perlu diketahui bersama bahwa para relawan dibekali pengetahuan demokrasi, pentingnya Pemilu, Cek DPT, waktu Pelaksanaan Pemilu, Pengenalan Partai Politik, Pengenalan DPD, Pengenalan Calon Presiden dan Wakik Preaiden, jumlah dan Jenis kartu suara, tata cara pencoblosan di TPS, cara menciblos kartu suara, tata cara memerangi Haoks , ajakan tidak golput dan teknik berbicara di depan umum, serta teknis lapangan.

“Lewat Pembekalan Demokrasi ini, pembinaan pengetahuan dan Pemahaman terhadap pentingnya Pemilu dan Demokrasi karena demokrasi yang baik rakyatnya Sejahtera.”tuturnya.

Mikael Edowai

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM