Hadapi New Normal, Bandara Nabire Lakukan Simulasi
Pewarta: Redaksi
| 229 Dibaca
EDISI TERBIT: 1 Juli 2020
Acara simulasi pembukaan bandara di era New Normal di Nabire

NABIRE – Kantor Unit Penyelengara Bandara Udara (UPBU) Douw-Aturure Nabire melaksanakan simulasi Persiapan Penerbangan di Bandara Nabire menuju New Normal. Setelah hampir beberapa bulan terakhir ini pelayanan penumpang penerbangan diberhentikan guna pencegahan Covid-19, Dalam acara pembukaan ini dihadir Bupati Nabire,Isaias Douw ,Kapolres Nabire,Sekda Nabire,Perusahan Maskapai, Tim Gugus Covid-19 Nabire dan pihak terkait lainnya.

Acara Simulasi dilaksanakan Halaman Bandara Nabire dan kemudian dilanjutkan Simulasi diruang masuk hingga di dalam ruang keberangkatan penumpang.Rabu (01/07/2020) sore tadi.

Dalam kesempatan itu, Kepala UPBU Nabire Muchammad Nafiek, dalam sambutannya mengatakan simulasi dilakukan ini dalam rangka penerapan relaksasi new normal dan relaksasi penumpang masuk melalui pintu masuk.Terutama para penumpang tetap melengkapi persyaratan sesuai Protoler kesehatan.

“Sebelum memasuki area, pemeriksaan dokumen terlebih dulu, harus cuci tangan ,pakai masker dan harus masuk ke bilik penyemprotan Dispektan baru diperiksa dokumen.Jika dokumennya sudah sesuai dan lengkap baru diporbelahkan masuk ke ruangan Cek In,yang hanya diperbolehkan masuk ke ruang cek in hanya Penumpang.Kami sampaikan bahwa boleh masuk ke area pemeriksaan dokumen hanya penumpang. Setelah antar boleh pulang.”kata Kepala UPBU Bandara sore tadi (01/07/2020).

Selanjutnya Kepala UPBU Bandara Nabire juga menyampaikan bahwa penumpang yang setelah periksa harus menjaga jarak ketika masuk ke area pintu masuk harus menjaga social Distancing.

“Pemeriksaan awal adalah bagasi barangnya.macam koper dan tas yang ditenteng.Petugas kami akan menunjukan tanda tempat duduknya di tempat tempat yang tidak ada tanda crosnya (silangnya) disitu untuk menjaga jaraknya. Sementara itu airline juga akan memberikan petunjuk prosedur tambahan.Tetapi kali setiap penumpang ini akan dipanggil satu persatu namanya dan kemudia penumpang akan menuju pesawat.”jelasnya kepada seluruh hadirin.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nabire Isaias Douw mengatakan ini merupakan percobaan pembukaan bandara saty minggu dua kali penerbangan dan dihimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait tetap menjaga protokoler kesehatan.

“Harus ada surat Covid-19 setempat.jadi kemarin saya ke Jayapura juga harus ada surat Covid-19. Ini yang saya sampaikan kepada semua bahwa untuk penerbangan satu minggu dua kali.”ungkap Bupati dalam sambutannya.Rabu (01/07/2020).

Sementara itu, dalam rangka simulasi ini juga disaksikan langsung oleh Bupati Nabire,Sekda Nabire,Intasansi Terkait dan Tim Gugus Covid-19 Nabire.

Berikan Komentar Anda
Share Button