Balik Atas
Herman Auwe,Kunjungi Lokasi Pembangunan RSUD di Odekebo
 
Pewarta: Redaksi Edisi 13/05/2016
| 926 Views
Saat Pembayaran Lokasi
Saat Pembayaran Lokasi RSUD di Odekomo (Foto : Pilemon Keiya )

Dogiyai – Bupati Pelaksan (Plt ) Kabupaten Dogiyai ,Herman Auwe,bersama Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Drs.Davit Sebua, dan Kontraktor PT.Asri,mengunjungi lokasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ,di Odekomo,Distrik Kamuu Utara,Kamis (12/05) kemarin.

Kunjungan tersebut tujuannya memantau lansung kebutuhan dan perlengkapan yang perlu disiapkan dalam rangka memenuhi pembangunan RSUD di daerah itu.

Plt.Bupati Dogiyai,Herman Auwe,menyatakan rumah sakit ini sangat penting didaerah ini . Sehinga kehadiran RSUD ini nantinya akan menjamin kebutuhan kesehatan masyarakat yang selama ini sangat dibutuhkan.

“Selama ini banyak Banyak masyarakat sering di kasih rujukan ke Rumah Sakit Daerah di Paniai, atau di Kabupaten Nabire. Sehingga dengan hadirnya RSUD akan tidak ada lagi.” Kata dia.

Selain itu, Kata Auwe, Rencana pembangunan rumah sakit juga dilakukan guna mempermudah pelayanan kesehatan di kabupaten Dogiyai sehingga nantiya masyarakat mudah akses jasa pelayanan .

“Tahun 2016, kami akan bangun rumah sakit itu di wilayah Distrik Kamu Utara. Saat ini kami masuk dalam tahap pembebasan lahan untuk RSUD tersebut,” kata Bupati.

Menurut Herman, pembangunan rumah akan disesuai soal kelas atau tipe rumah sakit daerah ini. Pasalnya, banyak warga di wilayah itu yang sangat membutuhkannya. “Rumah sakit yang akan kami bangun adalah tipe C,” ujarnya.

Dalam tahapan pembangunanya, kata dia, pihaknya sudah merampungkan Detail Engineering Design (DED) RSUD Cabang bungin tersebut. Sementara untuk pembebasan lahanya akan menggunakan APBD 2015 Kabupaten Dogiyai.

Dia menambahkan ,sementara untuk pembangunan RSUD ini, akan menggunakan anggaran APBD 2016 juga. Sedangkan RSUD tipe C pilih lokasi untuk dibangun di wilayah Kampung Ekimani, Distrik Kamu Utara dengan alasan wilayah ini bisa dijangkau cepat oleh wilayah lainya di Kabupaten Dogiyai.

“masih sulitnya masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan akibat lokasi RSUD di kabupaten Dogiyai belum ada, yang ada pusat kesehatan masyarakat, di beberapa wilayah di Kabupaten Dogiyai”katanya

Karena itu, kata dia, untuk menjangkau para masyarakat yang berada di daerah terjauh dari RSUD Dogiyai akan terakses jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di kabupaten dogiyai.

Dengan adanya rumah sakit, herman berharap, warga masyarakat Kabupaten Dogiyai cepat mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD. “Warga tidak usah repot-repot ke RSUD di Paniai atau di Nabire lagi,” tegasnya.

Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Dogiyai, Drs Davit Sebua menambahkan, pembangunan RSUD di wilayah Kabupaten Dogiyai memang sudah direncanakan beberapa waktu lalu dengan pertimbangan kebutuhan warga di wilayah Kabupaten Dogiyai.

“Wilayah Kabupaten Dogiyai itu sangat luas, jadi rumah sakit harus dibangun lebih dari satu untuk mengcover wilayah,” tambahnya.

Agus Agapa ,salah satu warga Ekimani Kamuu Utara mengharapkan agar Pemda segera bangun RSUD diwilayah itu. Selama ini,masyarakat Dogiyai selalu rujuk ke Paniai dan Nabire terus,padahal Kabupaten Dogiyai sudah devinitif bukan masih lagi statusnya distrik.

“Kami minta Pemda segera dibangun rumah sakit ini.Ini harapan kami kepada pemerintah,karena memang masyarakat butuh pelayanan yang layak “katanya

AGUS TEBAI/HER

Berikan Komentar Anda
Link Banner