Scroll to Top
Isu Pemekaran Paniai Timur ditolak Pelajar dan Mahasiswa Agadide
Posted by Redaksi on 29th September 2018
| 121 views
Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Mahasiswi Agadide (IKAPPMMA) Jayapura, Minabukei Nakapa (Foto:Demianus /PapuaLives)

Jayapura,Isu pemekaran Paniai Timur yang saat ini sedang dibicarakan diduga sarat akan kepentingan elite yang mengatasnamakan kepentingan rakyat.
Hal itu dikatakan Ketua Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Mahasiswi Agadide (IKAPPMMA) Jayapura, Minabukei Nakapa, kepada Nabire.Net, Jumat 28 September 2018.


Menurut Nakapa, persoalan pemekaran yang mengatasnamakan kepentingan rakyat dapat mengakibatkan konflik dan transformasi sosial budaya, karena selama ini yang sering terjadi isu pemekaran hanyalah settingan elit untuk merampok kedaulatan rakyat.

“Stop pemekaran dan stop baku tipu untuk para elit. Ini adalah pernyataan rakyat kecil. Karena para elit selama ini hanya saling menipu mengatasnamakan kepentingan rakyat, seperti pemekaran di Paniai Timur”, kata Nakapa.

Dikatakan, pemekaran daerah dan transformasi sosial budaya yang mengikutinya dapat mengakibatkan terjadinya perpecahan di tengah rakyat Papua khususnya di Paniai.

Hal itu berimplikasi serius terhadap kelumpuhan dan perpecahan rakyat dan hilangnya inisiatif perubahan sosial yang dicita-citakan dalam transformasi sosial budaya, katanya.

Oleh karena itu, Minabukei Nakapa dengan tegas meminta agar berhenti menghembuskan isu pemekaran daerah dan transformasi sosial budaya khususnya di Paniai Timur yang sedang dicoba.

Nabire.Net/Demianus.Bunai

Berikan Komentar Anda