Jalan Simpang Demokrasi Kita
Posted by Redaksi on 23rd Agustus 2016
| 544 views
Thomas Ch. Syufi
Thomas Ch. Syufi (Foto:Dok Pribadi)

Mengapa   demokrasi   tidak   jarang harus  lahir  lewat  laras   senjata,   jalan pedang,  lewat    teror,  cara-cara   tidak   jujur, manipulasi, lewat   konflik   yang    berkepanjangan?”   (Trias   Kuncahyono:   2016).

Hampir  sebagian  besar    penduduk   dunia dan   Indonesia     khususnya  meyakini bahwa demokrasi  sebagai  satu-satunya   jalan   paling  terbaik  yang  bisa  memberikan   kebebasan, memberikan   kemerdekaan,   juga   keadilan  bagi    seluruh    umat   manusia. Mereka  juga  meyakini    bahwa   demokrasi   bukanlah   jalan   terakhir    untuk    manusia  menggapai  segala-galanya. Tetapi   demokrasi   hanyalah   sebuah   cara, a way,    yang  akan  menampilkan  berbagai    cita-cita    mulia    yang    didambakan   oleh   masyarakat   di   negeri  ini,  seperti   keadilan,   kedamaian, dan kesejahteraan.

Tentu,  keadilan,  kedamaian,  dan   kesejahteraan  bersama   merupakan  hal  terpenting   yang harus   diperjuangkan,  bahkan    menjadi   kewajiban   etis   untuk   diwujudkan   oleh   siapa   pun,   terutama   tiga    pilar    kekuasaan   (legislatif,   eksekutif,   dan   yudikatif).  Untuk    mewujudkan    beberapa    tujuan    kolektif    itu—demokrasi   menjadi   salah  satu  “pintu   masuk”  yang   harus   diupayakan   dan  diproteksi  oleh  semua  pihak, terutama  para  pemangku   kepentingan  (stakeholders):  entah  presiden,  menteri, gubernur,  bupati,  walikota,  camat,  sampai  para kepala  desa.

Dalam  sebuah  negara  berpaham  demokrasi  termasuk   Indonesia,  rakyat  menjadi   sumber pemegang   kedaulatan  tertinggi.  Pemerintah   hanya  mempunyai  kewajiban  untuk  melaksanakan   keputusan  (atau  aspirasi)  yang  bersumber  dari   pemegang   kedaulatan: rakyat.   Karena   itu,  dalam  demokrasi  bisa   dikatakan   rakyat   adalah  “raja”  atau   subjek utama   dalam    kehidupan    berbangsa  dan    bernegara.

Indonesia   juga    tengah    menjalani  sebuah   kehidupan  demokrasi. Di   mana,  keseteraan politik   dibuka,   kebebasan  pers mulai dirasakan,  setiap   warga   negara   bebas   menyatakan pendapat di muka umum, daerah-daerah  diberikan  status   Otonomi   Daerah  (Otda)  dan Otonomi   Khusus   (Otsus),  juga  diberikan  kebebasan  untuk  rakyat  memilih  secara  langsung  pemimpinnya  masing-masing,  melalui   pemilihan  umum  (pemilu) dan  pemilihan umum   kepala  daerah   (pemilukada).

Akan   tetapi,  perlu  diakui,  bahwa   demokrasi  Indonesia  belum  (sepenuhnya)  berjalan mulus seindah   mimpi.  Demokrasi   kita   masih   menyusuri   dan   berkeliaran   di  medan   politik Indonesia   yang    sarat   kepentingan.  Ia   terus   meniti    jalan  terjal   yang   penuh   tantangan-rintangan.    Demokrasi   negeri   ini masih   dilumuri   noktah    hitam, jalan   tertaih-tatih, dan compang-camping.   Potret   buram   demokrasi    dapat    diperlihatkan    dengan    berbagai    persoalan   sosial  kemasyarakatan  yang   terus    mendera bangsa ini. Misalnya,  data yang dimuat     Kompas,  19    Juli 2016,  sekitar    28,  01   juta    penduduk    Indonesia   dibelit   kemiskinan   struktural (yang terdiri    dari 10, 34   juta   jiwa   di    kota    dan 17, 62   jiwa di desa).   Maraknya   pembakaran    rumah    ibadah    di    mana-mana:   dibakarnya   Gereja (Kristen)  di   Kabupaten     Singkil,  Aceh,  Selasa, 13   Oktober    2015,   pembakaran  Musala (Islam) di   Karubaga,  Kabupaten   Tolikara,   Papua, 17    Juli    2015,   dan   ratusan   massa membakar  Vihara   dan    Kelenteng   (Budha)   di    Tanjungbalai,  Sumatera    Utara,  Jumat,  29   Juli   2016—adalah    bentuk   dari    sentiment   konflik  antaragama.   Pembunuhan, pembantaian,  penculikan, dan  penghilangkan   paksa   terhadap   para   aktivis   kemanusiaan di Tanah   Papua, tak   pernah   mengenal  tepian,  hukum dibutakan   dengan   uang, hukum dibutakan   dengan    kekuasaan,  rakyat   kecil   terus   merasakan   tajamnya   pedang  hukum, konflik   kepentingan   (conflict of interest)  juga  terus  digoreng.

Lagi   pula,  kebijakan   Otsus   dan   Otda  tidak   membawa  dampak   signifikan  bagi  perbaikan   hajat   hidup   masyarakat   di   daerah. Rakyat   masih   hidup  dalam   sekat-sekat primordialisme  atau   kotakisme  (suku, agama, ras, dan   antargolongan)  di tengah   kian      mengkristalnya   sosialisasi “ Empat Pilar   Kebanggsaan”  oleh MPR RI   ke  berbagai  penjuru   Indonesia,  sekaligus    tak    menghiraukan lagi  pesan dari   liriklagu Frangky Sahilatua (alm), “Pancasila   rumah    kita,  Indonesia   rumah   kita   untuk    selamanya”. Kita   semua    percaya,  bahkan    yakin   bahwa   tiap   manusia  lahir   tidak   membawa   kebencian  dan   dendam   terhadap  sesama;  entah  yang   berbeda   warna   kulit,  agama,  jenis   kelamin,  kelas   sosial, pandangan   politik, apalagi   menumpahkan  darah   sesama, dengan    gaya   politik   ala   Hobbes,  homo   homini lupus,  manusia    yang   satu   sebagai   serigala  bagi   sesama   manusia yang   lain, dan sebaliknya,  mengabaikan   politik  solidaritas, homo   homini   socius, manusia   yang   satu   sebagai   sahabat  (rekan) bagi   sesama  manusia   yang   lain.

Apakah   ini  sebuah   jalan   terjal   demokrasi   kita?  Tentu, ya! Sebab, untuk   membuka   jalan reformasi   untuk   berdemokrasi   bukanlah   hal   yang   mudah.  Banyak   orang  harus mencucurkan   keringat,  air mata,  dan  darah   untuk    melahirkan  demokrasi.  Demokrasi   memang   butuh   harga, bahkan   taruhannya   “nyawa”  dengan   menyandang   gelar   “martir    demokrasi”   bagi    pejuang    yang    mati.   Pada    12    Mei   1998,  empat   mahasiswa  Universitas   Trisakti,  Jakarta, terpaksa   menelan  timah    panas,   mati    tertembak   oleh TNI ,  saat    turun   jalan   “demonstrasi”  menuntut    Soeharto   harus   mundur   dari   tahta    kepresidenan,   juga    meminta  segera   dilakukan   reformasi   politik   Indonesia.   Benar    juga—mengutip  Romo   Sindhunata,   menghadirkan   demokrasi   mirip   dengan  seorang   ibu   yang    melahirkan   anaknya,  sakitnya   luar   biasa, berdarah   bahkan    menyambung  nyawa.

Memang, darah  kemanusiaan terus   mengalir   membasahi  negeri   ini   karena   pupusnya  politik   kesantunan.  Hingga   yang   tampil    adalah   politik  dan    kekuasaan, yang    hanya berisi   nafsu   dan    keserakahan. Mayat-mayat  pejuang   demokrasi  dan   kemanusiaan hanyalah   figur-figur   dalam    sebuah    teater kematian. Tentu    harapan    besar   para   jenderal   dan   serdadu   lapangan   pada   rezim    Orde Baru— Reformasi—adalah   manusia-manusia   yang    masih   hidup    bisa    menjadi    penonton    teater    mereka   yang   pilu   dan   tragis   itu.

Namun, Gusti   ora   sare,   Tuhan   tidak   tidur!   Tuhan   pasti   ikut  menyaksikan darah dan air mata    kemanusiaan   yang   terus    mengalir   membasahi    republik    berusia  71   tahun ini.  Baik   yang   sebagai    korban    perlakukan   tidak   adil   oleh militer, korban   kemiskinan, korban   kebijakan   pemerintah   akan   diselamtkan.   Mereka  yang   telah  tebus   darah   untuk    menghadirkan   demokrasi,   mendatangkan   kebebesan   akan  medapat   penghormatan   abadi:  namanya  dikenang,   mereka   disebut   pejuang   sejati,  pejuang   kebebasaan, dan  pahlawan   reformasi.  Mereka  telah   dengan   sukarela   mempertaruhkan  jiwa  dan    raga   demi   demokrasi,  kemanusiaan,  dan   bonum    commune,   kebaikan    bersama.   “Darah   para   martir   demokrasi   tak   pernah   mongering,  jiwa   mereka   terus    berteriak   menuntut   keadilan   dan   kebenaran”  (Max   Regus:  2010).  Karena   menurut   para   mantan   manusia  (pejuang   demokrasi),  keadilan    dan    kebenaran   itu   pasti    akan   datang,   walaupun    tibanya terlambat.  Atau   tepat   meminjam  pameo   Latin   dari    Philipp    Melanchton, “Fiat   iustitia et   pereat   mundus,   keadilan    tetap   ada   meskipun   dunia   akan  binasa”.

Karena   itu,   para   pemimpin   negara,   presiden,   gubernur,  bupati,   walikota,   camat,   dan   para   kepala   desa,  sebagai   orang   yang   pertama  di   antara   yang   sama/   rakyat  (primus   interpares),  harus    melakukan    yang     terbaik    untuk    orang-orang   yang   dipimpin. Rawatlah   demokrasi   ini   secara   baik,  dengan   memberikan   ruang   kebebebasan,  partisipasi   penuh,  sekaligus mendengarkan   suara   rakyat,   merupakan   salah  satu   cara   terbaik    untuk    meretas    jalan terjal   demokrasi   menuju   Indonesia    yang  adil,  damai,  dan    sejahtera, di   berbagai  dimensi   kehidupan,  misalnya,  dalam  bidang   ekonomi,  pendidikan,  kesehatan,  hukum,  dan  HAM.

Semua  pihak   harus   bertanggung   jawab  atas   demokrasi   yang   telah   dilahirkan   melalui perjuangan   panjang,  sekaligus    melelahkan  ini.   Soeharto, presiden  antidemokrasi   yang berkuasa   selama  32  tahun  harus  tumbang  dari   singgasana    kekuasaan   karena  diterjang angin   mahasiswa, Mei   1998. Hampir    semua   perangkat   Orde    Baru, bikinan   Soeharto ikut  “dikubur”   oleh   badai    reformasi.   Hanya,   Golkar,   sebagai   wadah    yang   didirikan, dibesarkan,    bahkan    ikut    menyongkong    Soeharto    selama   tiga    decade    berkuasa “yang   selamat”   dari   amukan    reformasi. Anak   kandung    Orde    Baru,   yakni   Akbar Tandjung,   meski    tidak    terlalu    bersinar    seperti    Cosmas     Batubara    dalam    lembaran    sejarah  politik   Indonesia,    Akbar     berhasil    menggendong    Golkar    melompati   parit    reformasi yang    mematikan   kala   itu.

Semuanya   adalah   kenangan   dalam   sejarah   masa   lalu,   meniti   jalan   terjal, semak belukar,  becek,   untuk   melahirkan   demokrasi.   Itulah   jalan   reformasi. Jembatan   air   mata,  jalan   nostalgia,  sekaligus    jalan    kesaksiaan   dan   kemanusiaan. Tak   ada    kata berlutut    di    altar   demokrasi,   apalagi    menyerah—yang  ada    hanyalah    maju, dan  terus  berjuang   untuk    mengakhiri   rezim   “jalan   simpang   demokrasi, malum    publicum, malapetaka    bersama,  dan    memulai   jalan   salus   publicum,  jalan    keselamatan    umum,    jalan      cinta,  sekaligus,  jalan  memanusikan  sesama     manusia.

Maka,   kewajiban   kita   semua   adalah   memperbaiki,  merawat, sekaligus    membudiayakan jalan    kebebasaan,   jalan    kemerdekaan,   jalan    kebaikan    bersama, dalam  “ladang     demokrasi”   bernama   Indonesia.  Hingga  “dian   demokrasi”  yang   tengah   di    letakkan   di bukit    sejarah    reformasi    Indonesia,   sinarnya    terus   menerangi “Nusantara”. Dan,  jangan biarkan   dian   itu    redup,   apalagi    mati.   Karena  itu   akan   memicu  “sumpah  serapah”  yang   tak   pernah    berkesudahan!  Semoga.

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

*).   Penulis   adalah   Ketua   Lembaga   Pusat   Kajian   Isu    Strategis   (LPKIS)   Pengurus   Pusat   PMKRI,   Sanctus    Thomas    Aquinas,    periode    2013-2015.

Berikan Komentar Anda
TENTANG KAMI REDAKSI IKLAN SITE MAP PRIVACY POLICY