Balik Atas
“JAYAPURA 79 Menit” Film Pendidikan diluar jam sekolah di Pinggiran Danau Sentani
 
Pewarta: Redaksi Edisi 08/09/2019
| 345 Views

Jayapura,Riyana Waena Sebuah Komunitas Film  di Kota Jayapura , memproduksi  sebuah film yang berlatar pendidikan di luar sekolah. Film ini mengangkat kisah anak-anak usia dini yang belajar di luar jam-jam sekolah.  Film berjudul: JAYAPURA 79 Menit.

Film ini mengambarkan berbagai aktivitas masyarakat kampung Yaboi hingga berbagai aktivitas anak-anak terutama dalam pendidikan yangt mana kita ketahui bahwa SDM yang baik bisa tercapai kalau kualitas pendidikannya bagus.

” Tapi persoalannya, kadang sekolah-sekolah  dipinghiran kota kadang kualitasnya kurang bagus. Misalnya Guru tra masuk. Hal lain juga adalah orang tua juga pasif, khusus dalam memperhatikan pendidikan anak di sekolah. Mungkin karena mereka sibuk kerja. Maka dibutuhkan tokoh-tokoh inspiratif yang yang lahir dari kampung sendiri yang bisa memperhatikan pendidikan anak-anak, seperti belajar di luar jam sekolah. ujar sang sutradara Yosep Levi, Sabtu (07/02/2019), di seputaran Waena, Jayapura.

Yosep Levi menjelaskan bahwa Anak-anak Yoboi dalam Film ini, yang biasanya sibuk bermain mulai membagi waktu dengan belajar di rumah baca. Mereka berani mengkritisi situasi yang dianggap tidak benar. Berani mengemukakan pendapat, bercerita tentang cita-citanya. Akbar berani mengkritisi situasi di sekolahnya.

” Sementara Unte yang belum bersekolah tidak kaku bercerita tentang mobilnya di depan kamera. Orang tua pun senang terhadap perkembangan anak mereka ketika adanya rumah baca.  Rumah baca merupakan salah satu bentuk konkret peran warga untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan.”jelasnya yang juga pernah raih Juara III Eagle Award 2018 itu.

Berikan Komentar Anda