Balik Atas
Jembatan Tuarai Distrik Manimeri Akan Dikerjakan Dua Tahap
 
Pewarta: Redaksi Edisi 06/04/2017
| 844 Views
Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Teluk Bintuni Emba Rantelino ST MT (Foto:kadatebintuni)

Bintuni, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Teluk Bintuni Emba Rantelino ST MT mengatakan, pembangunan jembatan permanen diatas sungai Tuarai Distrik Manimeri pengerjaannya dua tahap, karenanya dibuatkan jembatan sementara yang akan segera difungsikan.“Jembatan yang dibuat saat ini itu bisa dipindahkan. Ini diambil dari Manokwari pasang untuk digunakan sementara. Karena jembatan permanen yang akan dibangun baru selesai pada akhir 2018 atau difungsikan di tahun 2019,” ujar Emba Rantelino yang ditemui di kantor PU Teluk Bintuni, Senin (3/4/2017).

Jembatan sementara yang dibuatkan ini, agar saat pembangunan jembatan permenan tak terganggu aktivitas transportasi kendaraan yabg menuju kompleks perkantoran Bupati serta kendaraan lainnya dari Bintuni ke Manokwari dan sebaliknya.

“Ini merupakan jembatan knockdown (bongkar pasang) yang disewa dari Manokwari. Dengan pertimbangan anggaran tahun 2017 tidak mencukupi untuk sekaligus pengerjaan, sehingga dianggarkan dalam 2 tahun anggaran. Dan jembatan yang sekarang kurang layak untuk di pakai. Dan jika di perbaiki pun, ijin pengambilan kayu sudah susah diperoleh karena kepengurusan dinas kehutanan sudah di pindahkan ke propinsi,” ujar Emba.

Jembatan bongkar pasang ini kapasitas terbatas, sehingga untuk kendaraan seperti trinton dan alat berat lainnya hendaknya tak melewati jembatan tersebut. Pasalnya, jika jembatan rusak, terputus maka aktivitas kendaraan menjadi terganggu.

Emba memastikan jembatan sementara ini akan segera difungsikan dan dibongkar jembatan yang terbuat dari kayu dengan timbunan tanah, dan pekerjaan pembuatan jembatan permanen dimulaikan. “Setelah jembatan sementara itu selesai, maka pekerjaan jembatan permanen dimulai. Mereka mulai kerjakan kontruksi bagian bawah. Lalu pekerjaan lainnya dalam dua tahun anggaran sampai 2018,” ujar Mantan Kabid Bina Marga PU Bintuni itu.

Dia juga menerangkan bahwa pembuatan jembatan permanen di kali perbatasan kampung Atibo dan Mutiri sebelum kantor Distrik Manimeri dari arah kota Bintuni baru akan dikerjakan pada tahun 2018. ” Memang kalau lewat lihat ada kemp yang dibuat dekat jembatan itu, tapi mereka yang kemudian kerjakan jembatan kali Tuarai. Tahun depan baru dibangun jembatan itu,” tuturnya.
Daniel

Berikan Komentar Anda
Link Banner