Balik Atas
Jokowi di Jadwalkan Hari Ini Berkunjung di Papua dan Maluku
 
Pewarta: Redaksi Edisi 04/04/2016
| 976 Views

150527110950_jokowi_papua_5_640x360_gingginanjar_nocredit

 

Jakarta ,01/04/2016,PAPUALIVES.COM– Presiden Jokowi dijadwalkan berangkat ke Maluku dan Papua hari ini, Senin (4/4), untuk memantau jalannya proyek infrastruktur seperti tol laut dan jembatan di dua provinsi itu.

Menurut Biro Pers Istana, Jokowi akan bertolak ke Ambon, Maluku, pukul 11.30 WIB dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Di Ambon, Presiden bakal meresmikan Jembatan Merah Putih. Jembatan sepanjang 1.140 meter yang dibangun dengan dana sekitar Rp700 miliar ini akan menjadi simbol perdamaian dan ikon kota Ambon.

Jokowi juga akan memantau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Morotai, Maluku Utara. PLTS Morotai merupakan pembangkit listrik ramah lingkungan dengan kapasitas 600 kilowatt peak yang diklaim PLN sebagai PLTS dengan kapasitas terbesar yang mereka operasikan.

Dari Maluku, Presiden selanjutnya akan terbang ke Manokwari, Papua. Di sana Jokowi dijadwalkan memantau pembangunan tol laut.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas Jokowi tahun ini. Dalam setiap pidatonya, ia menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Untuk memastikan proyek pembangunan infrastruktur berjalan lancar, Jokowi menyebut pentingnya kunjungan langsung pejabat ke lokasi.

“Paling tidak saya ingin memberikan semangat dan kontrol bahwa apa yang ditargetkan berjalan. Kalau ke bawah (turun lapangan), akan mengerti permasalahannya apa,” kata Jokowi pekan lalu.

Khusus untuk kunjungan Papua, pekan lalu provinsi paling timur Indonesia itu pun dikunjungi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan. Namun jika Jokowi menyambangi Papua untuk urusan pemantauan infrastruktur, Luhut ke sana untuk urusan pertahanan keamanan, yakni menangkal ekspansi Gerakan Pembebasan Papua.

Di Papua, Luhut bersama Kepala BIN Sutiyoso mengecek perbatasan Papua dan Papua Nugini. Luhut juga berziarah ke makam tokoh Papua Theys Eluay yang pada 2001 dibunuh oleh beberapa personel Komando Pasukan Khusus.

 

CCN.Com/Admin/PL

Berikan Komentar Anda