Di Biak Numfor, Positif Corona Jadi 49 Orang Sembuh 27, Dirawat 22 Orang
Pewarta: Redaksi
| 163 Dibaca
EDISI TERBIT: 10 Juni 2020

BIAK NUMFOR – COVID-19. Betambah lagi. Ya, jumlah pasien terkonfirmasi positif tertular Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Biak Numfor kembali bertambah 9 orang. Bersamaan dengan penambahan pasien positif itu, sebanyak 6 orang pasien psotif yang selama ini dirawat di RSUD Biak juga kembali dinyatakan sembuh atau sudah bebas dari Virus Corona. Dengan begitu, maka jumlah pasien positif secara komulatif di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 49 orang.

Dari jumlah 49 pasien tersebut, sebanyak 27 diantaranya telah dinyatakan sembuh. Kepastian mereka dinyatakan sembuh itu setelah melalui pemeriksaan swab specimen dua kali di Litbangkes Jayapura. Sementara pasien positif yang saat ini masih dirawat di RSUD Biak sebanyak 22 orang.

Penambahan 9 pasien terkomfirmasi positif dan 6 orang pasien positif dinyatakan sembuh disampaikan langsung oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor Daud N. Duwiri, S.KM.,M.Kes ketika memberikan keterangan pers tentang hasil pemeriksaan specimen swab yang dikirim ke Litbangkes Jayapura, di Poskoh Induk, Rabu (10/6/2020) sore.

Menurutnya, dari jumlah total 204 spesimen swab yang dikirim ke Litbangkes Jayapura, sebanyak 74 spesimen telah diperiksa. Dari 74 spesimen yang diperiksa itu 9 spesimen swab hasilnya dinyatakan positif terkomfirmasi Virus Corona, sedangkan 6 spesimen swab pasien positif yang selama ini dirawat di RSUD Biak Numfor kembali dinyatakan negative hasilnya alias pasiennya sudah sembuh.

Dengan begitu, lanjut Daud Diwiri, maka kini masih ada sebanyak 130 spesimen swab yang sementara diperiksa di Litbangkes Jayapura. Hasil dari pemeriksaan specimen sebanyak itu akan disampaikan setelah sudah ada hasilnya dari Jayapura, diperkirakan dalam satu dua hari kedepan hasil pemeriksaannya sudah ada.
“Jadi hasil pemeriksaan terhadap specimen swab di Litbangkes Jayapura, sebagian hasilnya sudah ada. Sebanyak 74 spesimen telah diperiksa, 9 spesimen swab hasilnya dinyatakan positif terkomfirmasi Virus Corona, sedangkan 6 spesimen swab pasien positif yang selama ini dirawat di RSUD Biak Numfor kembali dinyatakan negative hasilnya alias pasiennya sudah sembuh,” ungkapnya.

Tambahan 9 pasien terkomfirmasi positif itu semuanya adalah transmisi (penularan) lokal sehingga masyarakat diharapkan tetap memperhatikan pola hidup sehari-hari dengan protokol kesehatan Covid-19. Masyarakat dan semua pihak diminta tetap menjaga diri dengan selalu menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan tidak terlalu bepergian jika tidak tetalu penting serta sejumlah lainnya.

Sementara itu, pelepasan 6 pasien sembuh di RSUD Biak dilakukan oleh Asisten II Setda Kabupaten Biak Numfor Ferry Betay, SH.,MM dan Asisten III Ir. Andarias F. Lameky, MM bersama Direktur RSUD Biak dr. Ricard Ricardo Mayor, M.Kes.

Pelepasan ke 6 pasien sembuh setelah melalui pemeriksaan specimen swab sebanyak dua kali dan hasilnya dinyatakan negative alias sudah tidak ditemukan lagi adanya Virus Corona. Mereka (pasien sembuh) diantar langsung dengan menggunakan mobil yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor ke rumahnya masing-masing.

“Kepada masyarakat diminta supaya pasien yang sudah sembuh ini diterima dengan baik, jangan ada diskriminasi, berikan motovasi kepada mereka. Mereka sudah sembuh, dukung mereka dalam menjalankan aktivitasnya seperti biasa, Corona bukan aib, tidak perlu malu. Mari kita sama-sama memutus mata rantai penularan dengan terus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” imbuh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika melepas pasien sembuh sebelumnya.(**)

Berikan Komentar Anda
Share Button