Balik Atas
Kabid Perkebunan : Upaya – Upaya Yang Dilakukan Dalam Rangka Mewujudkan Visinya
 
Pewarta: Redaksi Edisi 18/04/2016
| 755 Views
Distribusi Kopi di Kampung - Kampung beberapa waktu lalu
Distribusi Kopi di Kampung – Kampung beberapa waktu lalu (Foto:Agus Tebai)

Jayapura, 18 /04/2016,PAPUALIVES.COM– Dalam rangka mewujudkan masyarakat Dogiyai yang produktif, mandiri dan sejahtera. Berbagai langkah – langkah terus dilakukan melalui sub sektor Perkebunan . Salah satu terobasan yang sudah dilakukan adalah mendatangkan Komoditi Kopi melalui perjuangan ke Pemrintah ditingkat Propinsi Papua dan Pusat.Perjuangan ini,Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Propinsi Papua dihibahkan dana 50 miliyar untuk melaksanakan program  kopi .

Demikian diungkapkan Mecki Dimi,Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dogiyai ,Minggu (18/04) ,Seperti tertulis yang diterima Redaksi melalui Via Elektronik.

Ia menjelaskan,Bukan hanya komoditi Kopi namun juga ,berbagai kegiatan – kegiatan terus berupaya dalam rangka mewujudkan masyarakat yang mandiri . Pada tahun 2016,kata dia,telah melobi sekitar 22 kegiatan baik di Propinsi maupun Pusat “Seperti kegiatan fasilatas peningkatan mutu dan standarisasi .Kemudian juga,Pembangunan Sarana Pengolahan hasil Perkebunan”jelas dia.

Kegiatan lain,kata dia, Penyediaan sarana Pengolahan Hasil Perkebunan bahkan Pembinaan Petani. Juga,Identifikasi, Pengawasan, dan Penyaluran Pupuk Bersubsidi . Bahkan juga,Pengembangan Pembenihan Tanaman Perkebunan.

“ Pengendalian Hama dan Penyakit Terpadu. Fasilitasi Sarana Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan,kemudian Pengembangan Tanaman Penyegar”urainya

Lebih lanjut menurut dia, juga akan dilakukan Intensifikasi Tanaman Kopi Arabika dan Pembangunan Kebun Induk Kopi Arabika.

“Selanjutnya,Bimbingan Teknis Ifentifikasi Tanaman Kopi Arabika,hingga Pembangunan Sarana Unit Pengolahan ( Lantai Jemur, Gudang Pengolahan Hasil)”Tulisnya

Lebih jauh dikatakanya,Pengadaan Sarana Pengolahan Hasil Produksi Kopi. Disamping itu,Pengadaan Alat Pertanian Kecil (APK) mendukung Kegiatan Intensifikasi Tanaman Kopi. Pengadaan Pupuk Organik Mikro Pestisida Nabati.
“Pembangunan Jalan Produksi Pertanian. Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT).Intensifikasi Kopi Arabika Dukungan Sarana Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Perkebunan”jelas dia.

Agus Tebai

Berikan Komentar Anda