Berita Terkini
EDISI
23 September 2017

KAP Papua akan mendeklarasikan Kebangkitan Ekonomi Orang Asli Papua (OAP)

Penggurus KAP Papua ketika memberikan keterangan pers di Media Centre KAP Papua ( Foto:Persrilis/IST)

Jayapura,Kamar Adat Pengusaha (KAP) Papua akan mendeklarasikan Kebangkitan Ekonomi Orang Asli Papua (OAP) pada tanggal 30 Agustus 2017 di Kantor Gubernur Provinsi Papua. Deklarasi ini diperkirakan akan diikuti 10 ribu orang yang tergabung dalam asosiasi mitra pengusaha Papua.

“Seluruh anggota KAPP yang berjumlah sekitar 10 ribu orang, akan turun mendukung kegiatan deklarasi itu.Sebab sudah saatnya kami bangkit untuk meminta hak kami diperhatikan sebagai aktor pembangunan di tanah Papua,” Ketua Umum KAP Provinsi Papua, Merry Yoweni, Selasa (22/8/2017) seperti dikutip dalam keterangan persnya di Jayapura.

KAP Papua juga mendorong Gubernur Papua untuk segera menandatangani Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Perdasus No 18 tentang Ekonomi Kerakyatan.

Menurut Merry Yoweni, dengan ditandatanganinya Pergub itu maka pengusaha asli Papua bakal mendapat bantuan sebesar tiga persen dari dana Otonomi Khusus. “Sebab dalam Perdasus 18 sudah mengamanatkan dana Otsus tiga persen untuk pengusaha OAP. Ini tentu merupakan sebuah pemberdayaan yang sangat baik,”kataya.

Fransiskus Wombon, Sekretaris I KAPP ketika dihubungi media ini menambahkan, dalam usia emasnya, Lukas Enembe telah membuka peluang dan memberikan kesempatan pada Orang Asli Papua untuk menjadi pengusaha, sekaligus menjadi tuan di atas tanahnya sendiri.
“Deklarasi diperkirakan akan diikuti 10 ribu orang yang tergabung dalam asosiasi mitra pengusaha Papua”katanya.

Red/FX.Kbp

Berikan Komentar Anda

Logo

PPWI MEDIA GROUP

Logo

This site is protected by wp-copyrightpro.com