Scroll to Top
Kasus Nduga, Negara Harus Cari Solusi Akhiri Konflik di Papua
Posted by Redaksi on 6th Desember 2018
| 206 views
Laurenzus Kadepa Anggota DPRP Komisi Polhukam (Foto:Istimewa)

Jayapura,Anggota DPR Papua Laurenzus Kadepa Menyampaikan kepada Negara agar perluh berfikir mencari solusi untuk mengakhiri konflik di Papua, agar tidak lagi terjadi korban baru di bumi Cenderawasih. Sampai saat ini kejadian di Mbua, kabupaten Nduga sudah ramai di media baik media sosial, media lokal hingga media Nasional.  Bahkan petinggi Negara, Presiden, Menko Polhukam dan semua pihak sudah mengeluarkan statmen. Namun saya mengakui bahwa selaku wakil Rakyat Papua belum mengetahui informasi secara akurat terhadap pembunuhan di kabupaten Nduga.

“Saya belum bisa menyimpulkan siapa yang salah dan siapa yang benar. Namun, kelompok TPN-PB telah menyatakan sikap bertanggungjawab terhadap puluhan orang yang ditembak mati karena mereka adalah anggota TNI aktif. Sementara oleh pemerintah mereka adalah warga sipil. Ini yang harus kita luruskan.”Kata Laurenzus Kadepa yang membidangi Komisi Politik Hukum dan HAM (Polhukam).

Lanjutnya, Sampai saat ini pemberitaan yang simpang siur jumlah korban meninggal di kabupaten Nduga. “Ada pemberitaan bahwa 31 orang meninggal dunia dan ada juga informasi 24 orang, dan lain lagi 19 orang. Saya tidak tau mana yang betul terhadap data informasi. Kendati demikian, saya secara peribadi dan selaku anggota DPR Papua menyampaikan belasungkawa duka yang mendalam kepada keluarga korban. Sehingga bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kekuatan yang mahakuasa.

Kadepa  berpesan, kejadian di kabupaten Nduga bukan kejadian baru tetapi kejadian demi kejadian terus terjadi sejak tahun 1969 dimana tidak terima hasil PEPERA oleh sebagian besar rakyat Papua. Sejak itu banyak peristiwa terjadi hingga mengakibatkan banyak korban, baik aparat TNI/Polri maupun warga sipil.

“Untuk itu saya meminta kepada Negara untuk melihat kembali akar masalah ini. Setiap peristiwa pertumpahan darah pemerintah jangan hanya mengambil solusi- solusi sesaat karena dekat pilpres, dan pemilu atau hanya mencari popularitas. Saya tegaskan kini saatnya negara harus bertindak dan jangan hanya melakukan pengejaran terhadap pelaku tapi bagaimana solusi agar melalui kasus Nduga ini masalah konflik Papua diselesaikan. Sebab jika itu tidak dilakukan, maka konflik berdarah di Papua akan terus terjadi kapanpun sepanjang adanya kelompok NKRI harga mati (TNI Polri) dan Papua Merdeka ( TPN OPM) masih eksis.”Pesan Kadepa.

Red

Berikan Komentar Anda