BALIK ATAS
Kedubes Akui Kopi Papua Banyak Penggemar di Polandia
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 10th Februari 2016
| 3140 DIBACA
Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedubes Polandia di Jakarta, Konselor Pertama Romuald Morawski
Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedubes Polandia di Jakarta, Konselor Pertama Romuald Morawski (Foto:Ist)

Jayapura,10/02/2015,PAPUALIVES.COM – Kedutaan besar Polandia untuk Indonesia di Jakarta melalui Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi mengakui masyarakat Polandia banyak yang menggemar dan konsumsi kopi hasil produksi Papua.

Kepala Bidang Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedubes Polandia, Konselor Pertama Romuald Morawski mengatakan, pihaknya sangat senang kalau boleh kopi di Papua bisa diekspor ke Polandia.

“Karena kopi di Papua kwalitasnya sangat bagus dan kalau boleh juga cinderamata khas Papua juga di ekspor ke Polandia,” katanya kepada wartawan di kantor Gubernur Papua, Selasa (9/2/2016).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perkebunan terus mendorong perluasan dan pengembangan komoditi kopi di daerah pegunungan Papua serta meningkatkan intensifikasi rehabilitas tanaman kopi bagi petani.

“Jadi, komoditi kopi ini terus didorong karena kopi dari Papua beberapa kali ekspor hingga ke luar negeri, sehingga kita akan mendorong perluasan areal kopi di beberapa daerah di pegunungan Papua,” kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua, Jhon D. Nahumury kepada wartawan di Jayapura, Rabu pekan kemarin.

Untuk itu, lanjut Nahumury, pihaknya siap membangun pabrik kopi di wilayah Lapago yaitu Kabupaten Jayawijaya. “Target 2016 berdirinya pabrik kopi di wilayah adat Lapago untuk menunjang pengembangan kopi di daerah Jayawijaya dan sekitarnya,”bebernya.

Selain wilayah Lapago, kata Jhon, Pemprov juga membangun pabrik di wilayah Mepago tepatnya Kabupaten Dogiyai.

“Kopi Moana Mani ini kan juga terkenal di pasaran, hanya sekarang produksinya berkurang karena para petani kurang modal dan juga  alat produksi banyak yang rusak,” tambahnya.

Wiyainews.com

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM