BALIK ATAS
TENTANG KAMI |REDAKSI | DISCAIMER| SITEMAP| PRIVACY| IKLAN | KODE ETIK| PENGADUAN |
Kembali Lagi, Aparat keamanan di hadang KKSB di Puncak Jaya
Diterbitkan Oleh: Redaksi Date 10th Agustus 2018
| 121 DIBACA
Bekas peluru di kendaraan dinas milik Polres Puncak Jaya (Foto:Wawan/PapuaLives)

Puncak Jaya, Kembali terjadi penghadangan terhadap anggota aparat keamanan dari Polres Puja yang dilakukan oleh gerombolan KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) dari Pilia yang berlangsung pada Selasa (7/8/2018) sekitar pukul 12.00 WIT, di ruas Jalan Poros Mulia – Wamena Kampung Puncak Senyum, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.

Penghadangan oleh KKSB (Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata) terhadap anggota Polres Puncak Jaya ini terjadi pada saat aparat keamanan dari kepolisian akan menuju Distrik Tinggi Nambut Kampung Kalome untuk menjemput Anggota Polres yang dari Distrik Ilu yang membawa BBM (Bahan Bakar Minyak) milik Polres Puncak Jaya.

Kronologis kejadian penghadangan terhadap aparat keamanan ini, awal mula sekira pukul 11.00 WIT, anggota polres Puncak Jaya yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Puja AKP Ferdinan sedang menuju Distrik Tinggi Nambut Kampung Kalome untuk menjemput anggota Polres Puncak Jaya yang membawa BBM milik Polres Puncak Jaya dengan dua kendaraan membawa anggota sebanyak 16 personel.

Pada pukul 12.00 WIT, anggota polres Puncak Jaya tiba-tiba mendapatkan penghadangan sergapan dari arah ketinggian sebelah kanan yang dilakukan oleh KKSB dari Pilia dan berondongan tembakan KKSB langsung mengenai kaca mobil depan, sehingga terjadi kontak tembak.

Kemudian pada pukul 12.15 WIT, aparat keamanan di Pos Puncak Senyum 751/R mendengar kejadian tersebut dan langaung melakukan penyisiran untuk membantu anggota Polres Puncak Jaya yang masih saling kontak tembak karena membela diri dari serangan sergapan gerombolan KKSB.

Setelah kontak tembak mereda, dan setelah dianggap aman, maka anggota Polres Puncak Jaya kembali melanjutkan perjalanan menuju Kampung Kalome.

Namun pada pukul 12.30 WIT, anggota Polres saat menuju kampung Kalome kembali diserang tembakan yang kedua kalinya di atas ketinggian oleh KKSB, tepatnya di kali Semen.

Peluru yang ditembakkan KKSB mengenai kaca mobil depan dan ban mobil bagian sebelah kanan pecah.

Aparat keamanan kembali berupaya membela diri dari serangan KKSB.

Sekitar pukul 13.00 Wit, setelah kontak tembak mereda dan kondisi dianggap aman, maka anggota Polres yang dijemput oleh anggota timsus Polda bersama Waka Polres Puja yakni Kompol Wicak, kembali menuju Polres Puncak Jaya. Sedangkan anggota Polres Puncak Jaya yang membawa BBM milik Polres kembali menuju Distrik Ilu Kabupaten Puncak Jaya.

Atas kejadian penghadangan oleh gerombolan KKSB (kelompok kriminal separatis bersenjata) ini, kendaraan dinas yang dikendarai oleh Kabag Ops. Polres Puncak Jaya mengalami pecah Ban di bagian depan akibat terkena tembakan, kaca mobil bagian depan terkena peluru, dan bagian samping sebelah kanan kendaraan dinas aparat keamanan dari kepolisian itu terkena tembakan serta lubang pada bagian bodi belakang mobil.

Anggota aparat keamanan berhasil selamat dari sergapan maut gerombolan KKSB di wilayah tersebut.

Wawan/Ppwi

Berikan Komentar Anda