Kepala Suku Minta Segera Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Papua

Lima Kepala suku Perwakilan Wilayah Adat ketika melakukan Jumpa Pers (Foto:wawan/PapuaLives)

Abepura, Perwakilan Kepala Suku 5 Wilayah Adat yang dipimpin oleh Kepala Suku Besar Lapago Provinsi Papua Paus Kogoya, S.IP melaksanakan kegiatan Jumpa Pers terkait permintaan segera dilantik atas terpilihnya Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 Lukas Enembe dan Klemen Tinal di Ruang Loby Hotel Gamalama Distrik Abepura dihadiri 3 orang media yakni Cepos, Wone, dan Wartaplus, Senin (23/7/2018).

Pernyataan sikap kepala suku 5 wilayah Adat di tanah Papua adalah dalam Rangka permintaan waktu pelantikan Gubernur Terpilih Lukas Enembe, S.IP, MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE, MM.

Kepala Suku Besar Lapago Provinsi Papua Paus Kogoya, S.IP yang berada di Abepura saat dikonfirmasi dari Angkasa, Senin, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan antisipasi masyarakat adat serta para stakeholders yang menginginkan Papua dalam kondisi yang aman dan.kondusif.

“Kami meminta agar segera dilakukan pelantikan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Tahun 2018 terpilih secara bermartabat oleh Presiden RI dan meminta pihak yang kalah agar menerima secara legowo dan tidak melakukan tindakan yang dapat menimbulkan kekacauan maupun keresahan di masyarakat,”katanya.

Menurut dia permintaan tersebut mengingat kondisi stabilitas masyarakat adat dan stabilitas keamanan paska Pemilukada Pilgub segera melakukan dan menjadwalkan pelantikan putra bangsa terbaik anak Provinsi Papua Lukas Enembe dan Klemen Tinal.

“Dikarenakan ini merupakan bagian dari melindungi mengayomi masyarakat adat di tanah Papua karena rakyat Papua secara spontan tidak dipaksa baik di gunung di pantai di lembah dan rawa, di hutan datang sendiri memilih dengan hati yang ikhlas,”ujarnya.

Paus Kogoya mengatakan untuk memilih pemimpin secara one man food atau bentuk noken masyarakat adat telah menentukan pilihannya pada Pemilukada Pilgub dan Pilbub dengan benar

“Bahkan jangan sampai menodai ketulusan hati mereka dan seluruh hak suara yang memenangkan secara mutlak Lukmen keamanannya juga menjadi tugas pokok 5 kepala  suku wilayah adat di Tanah Papua,”katanya.

Wawan/Ppwi

Berikan Komentar Anda

Recommended For You