BALIK ATAS
Kepedulian Masyarakat Merosot, Sampah Penuhi Bibir Pantai Nabire
PENERBIT:PPWI MEDIA Redaktur PAPUALIVES.COM 20th Januari 2019
| 200 DIBACA
Di Pinggir Pantai Nabire Terlihat Penuh Dengan Sampah (Foto :Christian Degei/PapuaLives)

Nabire,Kepedulian masyarakat Kabupaten Nabire terhadap kebersihan tengah mengalami kemerosotan sehingga terdapat disetiap lorong jalan terdapat pula banyak penumpukan sampah yang sangat memperhatinkan public.

Sementara ini, tempat wisata terkenal yang dulunya dikenal dengan ‘Pantai Nabire’, kini tengah diubah plus dengan nama ‘Pantai Nabire’ ini tengah dipenuhi dengan pelbagai jenis sampah. Hal itu lantas terjadi, karena kepedulian masyarakat terhadap kebersihan tengah mengalami kemerosotan yang sangat luar biasa.

Kepedulian sampah tersebut, tidak bisa ditanangi oleh Pemerintah Daerah. Sebab sebenarnya, pemerintah dapat mengediahkan sampah umum pula mempersiapkan petugas kebersihan yang bisa dibiayai dari dana APBD.

Di kota Nabire terdapat banyak sampah yang sangat memperhatiankan. Sampah tersebut berawal dari kepedulian masyarakat yang sangat kurang.

Jika pelbagai jenis sampah ini tidak dapat mengatasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) maka bakal dipengaruhi kesehatan manusia. Oleh karena itu, Penda Nabire juga harus peduli terhadap sampah. Setidaknya, harus menyediahkan tempat sampah umum di setiap tempat seperti pasar, dijalan besar, di sekolah dan di setiap kantor. Agar kepedulian sampah tersebut, secara berlahan mulai meningkat.

Dari pantauan media ini, di kota Nabire terdapat banyak sampah dan bisa dibilang kota sampah. Apalagi, dibibir Pantai Nabire terdapat sampah yang disoroti public.

Terkait masalah sampah tersebut, Maria Waromi warga Nabire mengatakan berhamburang sampah yang terdapat di Kota Nabire tersebut berawal dari kepedulian masyarakat terhadap sampah yang sangat menurung, bahkan pula buang sampah secara sembarang menjadi suatu kebiasaan sehingga terdapat sampah yang berhamburang dipinggir jalan.

“Berhamburang sampah ini bukan hanya di pasar tetapi di jalan besar dan dibibir pantai seperti Pantai Nabire,”katanya.

Sebenarnya pemerintah harus menyediahkan sampah umum dan petugas khusus untuk mengangkut sampah-sampah tersebut.

“Masalah sampah (kebersihan-red) adalah masalah bersama pula masalah kesehatan yang harus diatasi bersama maka perlu diprioritaskan kepedulian kepada setiap orang. Karena, menurutnya, jika tidak maka berbahaya versi kesehatan secara umum.

Kami minta kepada pemerintah Kabupaten harus menyediahkan tempat sampah umum atau setidaknya diminta sediakan pula tempat sampah disetiap tempat dan tetapkan Peraturan Daerah (Perda) terkait kebersihan agar Nabire menjadi kota bersih dimata public,”harapnya.

Degei Thian

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM