Komunitas Sorong Raya & KKSS Timika: #Warga Bantu Warga, Terkumpul Rp.39.884,000,- Guna Peduli Bencana Kota Sorong
Pewarta: Redaksi
| 1469 Dibaca
EDISI TERBIT: 27 Juli 2020
  • Komunitas Sorong Raya & KKSS Timika: #Warga Bantu Warga, Terkumpul Rp.39.884,000,- Guna Peduli Bencana Kota Sorong

TIMIKA – Komunitas Sorong Raya bersama Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Selatan (KKSS) – Comunitas 168 Rileks Timika menggelar aksi sosial dengan menggalang donasi dana dengan cara meminta keiklhasan warga Kota Timika , agar sekitarnya, dapat memberikan sejumlah uang mereka pada kotak Peduli Bencana yang telah disediakan Panitia Penggalangan Dana Peduli Bencana Banjir dan Longsor yang melanda kota Sorong Propinsi Papua Barat. Dengan mengusung  hastag #Warga Bantu Warga berlangsung sukses selama tiga hari  dimulai dari tanggal 25 hingga hari senin, 27 Juli 2020,  dengan totol dana terkumpul  sebanyak Rp.39.884,000.

Giat Perdana Komunitas Sorong Raya Timika saat melalakukan Pengarahan Kegiatan terutama Protokol Covid- 19 yang harus diikuti saat melangsungkan Aksi Peduli  tanggal 24 Juli 2020. (Foto: Rilispers for papualives.com)

” Telah sukses menggalang donasi dana dari warga Mimika untuk ikut peduli membantu bencana alam yakni banjir dan longsor yang melanda kota Sorong Propinsi Papua Barat, yang sementara dilanda Bencana Akibat Guyuran Curah Hujan yang belum kunjung berhenti hingga hari ini.”ungkap Ketua Panitia Penggalangan Dana, Yohanis Way kepada media papualives.com ketika usai konfirmasi dengan Petugas Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD) Kota Madya Sorong pada minggu, (27/7/2020) pukul 18.00 WIT melalui panggilan Whatshap.

Salah Satu anggota Panitia saat menerima Donasi dari Petugas Perhubungan Kabupaten Mimika di Jalan Hasannudin pada tanggal 24 Juli 2020 siang. (Foto:Rilispers for papualives.com)

Menurut informas dihimpun , Bencana ini juga telah mengakibatkan korban meninggal yang telah teridentifikasi sebanyak tujuh orang. Sehingga Giat yang dilakukan adalah melakukan Penggalanggan Dana dengan cara meminta keiklhasan warga kota Timika agar sekiranya dapat memberikan sejumlah uang mereka pada Kotak Peduli Bencana yang telah disediakan Panitia Penggalangan Dana Peduli Bencana Banjir dan Longsor. Sesuai Izin yang dikeluarkan dari Dinas Sosial Kabupaten Mimika dan Polres Mimika bahwa waktu pelaksanaan ditentukan selama dua hari atau Jumat (24/7/2020) sampai dengan Sabtu, (25/7/2020).

Selaku Ketua Panitia, Yohanes menyampaikan telah bekerja maksimal hingga berhasil mengumpulkan sebanyak Rp. 30.324.000 ( Tiga Puluh Juta, Tiga Ratus Dua Puluh Empat Ribu Rupiah). Selain itu, upaya Peduli Bencana Banjir dan Longsor pun datang dari Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Selatan (KKSS) – Comunitas 168 Rileks Timika dengan memberikan sumbangan Uang Peduli sebesar Rp. 9.3000,- (Sembilan Juta Tiga Ribu Rupiah). Yang mana kata Sekretaris Koordinator 186 Rileks Timika, Awalauddin bahwa Dua Juta rupiah merupakan murni sumbangan dari Keluarga Besar KKSS Timika.

Anggota Komunitas Sorong Raya Timika bersama Tim 168 – Rileks – KKSS Timika, pada 26 Juli 2020 ketika melakukan aksi galang dana. (Foto: Rilispers for papualives.com)

Sementara Tujuh Juta terkumpul dari Kotak Amal Donasi Peduli yang dijalankan di kota Timika pada Minggu, (26/7/2020) sekitaran pukul 15.00 sampai dengan 18.25 WIT. Yang mana dalam penyampaian Awalauddin bahwa hal itu dilakukan komunitas 168 Rileks Timika sebagai bagian dari Kepedulian terhadap apa yang dilamai oleh Keluarga Besar Sorong di Papua Barat.

“Kami telah mengantongi Izin dari Dinas Sosial dan juga Kepolisian setempat. Hari ini merupakan hari terakhir. Sehingga Dari sejumlah uang yang kami dapatkan, sudah kami serahkan kepada Rekan-rekan Comunitas Sorong Raya Timika, untuk selanjutnya dilanjutkan kepada mereka yang membutuhkan,” Ucap Awaluddin yang ditemani ke empat anggotanya.

Lanjutnya, dalam serah Terima Uang tersebut, selanjutnya Komunitas Sorong Raya telah memutuskan dalam rapat yang diagendakan pada Minggu, (26/7/2020) untuk membentuk Pos Peduli Bencana banjir di Sorong. Selain itu, juga telah menjalin koordinasi dengan Dinas Terkait di Kota Madaya dan Kabupaten Sorong terkait mekanisme penyaluran dana dan material kedepannya.

“Kami sangat berterima kasih kepada Warga Masyarakat Mimika yang begitu Peduli memeberikan uluran tangan mereka. Kami tidak menyangka, akan terkumpul sebanyak ini, sehingga untuk menunjukan kepedulian Kami kepada Warga Korban disana, kami akan menyalurkan sebaik mungkin, tepat sasaran dan bermanfaat,” Ucap Ony, sapaan akrab Yohanis Way.

Panitia Sedang menghitung uang hasil sumbangan dari warga Mimika untuk bencana Sorong (Foto:Persrilis for papualives.com)

Ony juga menambahkan , kehadiran Komunitas Sorong ini, kembali hadir untuk tujuan merangkul semua generasi Muda Sorong Raya di Timika untuk tergabung satu dengan yang lainnya dalam membina kekerabatan kekeluargaan, persaudaraan serta pengembangan Potensi Keluarga Besar Sorong Raya dalam membangung Mimika yang lebih baik. Sehingga untuk menindak lanjuti aksi yang telah dilakukan selama dua hari kemarin itu, Pantia akan merumuskan beberapa agenda lanjutan apakah itu penggalangan Dana kembali ataukah pengumpulan bahan material yang dibutuhkan kepada warga masyarakat Kota Sorong – Papua Barat nanti.

“Kami Panitia sekali lagi sangat berterima kasih kepada Pemerintah Daerah, Polres Mimika, Sesepu Sorong Raya di Timika serta semua Warga Kota Mimika dan sekitarnya yang telah ikut membantu baik daya, dana dan doa,”
Sehingga Oni sangat berharap terutama kepedulian dari warga Sorong Raya Kabupaten Mimika diantaranya dari Kabupaten Sorong, Sorong Selatan, Maybrat, Tambrauw serta Raja Ampat untuk turut andil dalam giat-giat yang akan dilanjutkan nanti. Tidak menutup kemungkinan untuk keluarga lainnya yang merasa peduli akibat bencara yang merasa sepenaggungan untuk ikut telibat baik secara langsung mapun tidak.” tambahnya sekaligus mengutip kutipan spanduk yakni #Warga Bantu Warga.

Adapun jumlah total dana yang terkumpul mulai dari 25 – 27 Juli 2020 menurut informasi dari Panitia sebesar Rp.39.884.000,-

Hasil penjulahan dana tanggal 27 Juli 2020 hari ini dari Panitia (Foto: Persrilis for papualives.com)
Berikan Komentar Anda
Share Button