Ilustrasi perawatan gigi. ©shutterstock.com/michaeljung

Jayapura ,Dokter gigi minim di Kota Jayapura. Tenaga dokter gigi yang terdata pada Persatuan Dokter Gigi cabang Kota Jayapura hanya 78 orang dan tersebar di Kota dan Kabupaten Jayapura dan Keerom. Sedangkan untuk di Papua tersebar 138 orang dokter gigi.

Ketua Persatuan Dokter Gigi (PDGI) cabang Jayapura, Eddy Simangunsong menuturkan pihaknya telah melakukan pelatihan dan pengetahuan, serta keterampilan melalui sosialisasi agar memaksimalkan tenaga dokter gigi yang ada.

“Pada dasarnya pelayanan dokter gigi di Papua cukup maksimal. Idealnya dokter gigi dibutuhkan ribuan dalam melakukan pelayanan kesehatan. Sekarang masih jauh dari kebutuhan,” kata Eddy, Kamis 13 September 2018.

Lanjut Eddy, semua dokter gigi di Papua telah memiliki nomor pokok anggota yang tertuang dalam KTA. Ini diwajibkan sebagai legalitas tenaga doktet gigi karena melakukan pelayanam publik.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, T. E. A Hery Dosinaean meminta kepada PDGI Cabang Jayapura agar melakukan pendataan tenaga dokter gigi.

“Kami ingin menerima data secara komprehensif tentang penyebaran dokter gigi di tanah Papua, sehingga bisa mengambil langkah-langkah untuk suatu kesimpulan lebih lanjut,” kata Hery Dosinaen.

Dengan data tersebut, maka diharapkan dapat memberikan tingkat pemahaman kepada masyarakat lokal tentang menjaga kesehatan gigi.

“Saya yakin dan percaya PDGI bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, karena bekerja dengan ketulusan hati, meski melakukam pelayanan di pedalaman Papua,” kata Hery.

Ramah/kabarpapua.co