Balik Atas
Lima Manfaat Sayur Rebung
 
Pewarta: Redaksi Edisi 03/03/2015
| 1368 Views
Sayur Rebung    Foto : IST
Rebung adalah tunas muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur.
Saat ini, rebung sudah dapat diolah untuk berbagai macam bahan makanan olahan berbahan dasar rebung seperti tepung rebung yang memiliki kandungan pati tinggi, cuka rebung, keripik rebung, rebung beku, dan asinan rebung. 

 Menurut Thea Rumere, sayur rebung adalah salah satu sayur sederhana yang dapat dikonsumsi saat tidak mempunyai uang untuk membeli sayur. Begitu juga dialami sehari-hari oleh Adriance Kayoi seorang ibu penjual sayur rebung (thn 1966-sekarang), sayur rebung merupakan salah satu barang yang dijual dan memberikan keuntungan sangat memuaskan, karena dari penjualan sayur rebung ia mampu menyekolahkan anak-anaknya sampai memperoleh gelar sarjana.

Rebung memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan dua belas asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsi rebung secara teratur diyakini merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk kanker.

Lima manfaat rebung yang mengagumkan, rebung sudah sejak dulu disukai banyak orang. Rebung biasa dimanfaatkan sebagai pelengkap sayuran sup, gula sampai sebagai pengisi lumpia. Cita rasanya renyah dengan kandungan air di dalamnya. Dikarenakan bau yang ditimbulkan dirasa tak begitu enak, tidak sedikit orang yang menjauhinya. Sekalipun manfaat rebung bagus untuk tubuh dengan kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya. Manfaat rebung yang mengagumkan, beberapa manfaat rebung yang menakjubkan adalah sebagai berikut :

1. Memperlancar kerja pencernaan;
Rebung dapat membuat sistem pencernaan menjadi makin lancar dan terbebas dari masalah sembelit.
Karena rebung memiliki kadar serat yang tinggi sangat bagus bila dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet. Serat akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga anda tak akan tergoda untuk ngemil. 
 2. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah;
Suatu riset yang dipublikasikan pada Journal Of Nutrition membeberkan bahwa jika seseorang menyantap rebung dalam jangka waktu 6 hari beruntun maka tingkat kolesterol dalam darahnya akan turun sampai kisaran 16.1 mg/dl. Setiap 120 g rebung pun memiliki kandungan asam lemak omega 3 sebanyak 18 mg dan omega 6 sebesar 99.6 mg. Kedua jenis lemak itu termasuk bagian dari high-density lipoprotein atau kolesterol baik.

3. Mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung;
Hidangan dengan warna putih ini terbukti memiliki kadar asam phenolic yang merupakan suatu bahan antioksidan dan antiradang. Senyawa asam phenolic ini dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit membahayakan yang satu diantaranya adalah sakit jantung.

4. Menurunkan tensi darah yang tinggi;
Sayur Rebung adalah pemasok mineral potassium yang berperan dalam menurunkan tensi darah ke kondisi normal. Oleh karena itu olahan rebung pas jika disantap oleh orang-orang yang mempunyai gejala darah tinggi.

5. Makanan pencegah kanker
Suatu studi yang dimuat di Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety membeberkan bahwa rebung memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah banyak. Kadar antioksidan ini dapat menghambat kerusakan sel yang diakibatkan radikal bebas. Radikal bebas ini membahayakan karena dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker. Berdasarkan studi itu, tipe antioksidan yang ditemukan dalam rebung yakni fitosterol. Dalam Traditional Chinese Medicine menyebutkan bahwa tanaman dengan kadar fitosterol di dalamnya dapat juga digunakan untuk memangkas tingkat kolesterol buruk dalam darah.

Hamba Tukang Ketik
Hank Pataijera
 Jl. Sentani Kemiri, Handphone 0823 9917 9636 
Email Facebook : Hank_patay@yahoo.com
Berikan Komentar Anda
Link Banner