BALIK ATAS
Mama Mama Papua Bintuni,Diberikan Tempat Usaha Yang Layak Dari Provinsi
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 21st Desember 2017
| 512 DIBACA
Foto Bersama Usai Kegiatan Kreasi Rumah Kuliner Bagi Mama – Mama Papua di Bintuni (Foto:Daniel/PapuaLives)

Bintuni, Mama mama Papua Bintuni diberikan tempat usaha yang layak oleh pemerintah provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi papua Barat. “Seiring dengan era otonomi daerah yang diamanatkan dalam UU No. 09 Tahun 2015 tentang pemerintah daerah maka pemerintah provinsi berkewajiban melaksanakan program dan kegiatan yang menyentuh masyarakat melalui satuan kerja perangkat daerah (SKPD) teknis yang membidangi pemberdayaan perempuan pada program peningkatan kualitas hidup perempuan terdapat beberapa kegiatan diantaranya kegiatan kreasi rumah kuliner bagi mama mama Papua.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan provinsi Papua Barat melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat dimana mama mama Papua akan diberikan wadah atau tempat usaha yang layak untuk berjualan makanan khas Papua ataupun makanan umum lainnya dan juga diberikan pula alat-alat penunjang untuk masak-memasak serta alat-alat pendukung lainnya dengan harapan organisasi perempuan yang diberikan bantuan ini dapat memanfaatkan tempat usaha ini sebagai pusat ekonomi kerakyatan yang responsive gender bagi perempuan khususunya mama mama Papua sehingga nampak fungsi perlindungan, keberpihakan, pemberdayaan bagi mama mama asli Papua karena saya yakin jika perempuan-perempuan ini maju, sehat dan menjadi kuat maka anak-anak pun menjadi kuat yang secara tidak langsung telah meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. Dan dari perempuan yang sehat dan kuat maka daerah, provinsi dan akhirnya bangsa ini pun menjadi kuat.

Terkait hal itu maka tugas ini bukan saja menjadi tugas kepala dinas pemberdayaan perempuan tetapi semua yang terkait di kabupaten Teluk Bintuni agar melibatkan perempuan dalam setiap kegiatan yang diprogramkan,” tutur Asisten II Sekda Teluk Bintuni Drs. Frans Awak ketika mewakili Bupati Teluk Bintuni meresmikan Kreasi Rumah Kuliner bagi Mama Mama Papua Bintuni Tahun 2017, Selasa (19/12/2017) bertempat di Ruko Kreasi Rumah Kuliner Mama mama Papua Bintuni di Tahiti distrik Bintuni.

Ditempat yang sama usai peresmian Kreasi Rumah Kuliner bagi Mama Mama Papua Bintuni Tahun 2017 Eksekutif Data dan Informasi Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan, Kualitas Hidup pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat Markus Suruan yabng juga selaku PPTK kegiatan tersebut kepada wartawan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan provinsi Papua Barat ini adalah untuk membantu kelengkapan masak-memasak yang diperuntukkan untuk satu kelompok mama mama Papua Bintuni dimana mereka selama ini sudah diberikan pelatihan sehingga diharapkan sudah mampu berkreasi maka bantuan kreasi rumah kuliner ini oleh dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Provinsi Papua Barat dapat digunakan sebagai tempat untuk menampung makanan-makanan yang sudah mama mama Papua Bintuni ini produksi untuk dijual sebagai sumber penghasilan bagi keluarga.

“Kreasi rumah kuliner ini sudah disewa selama satu tahun kedepan oleh kami dan setelah itu diharapkan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak kabupaten Teluk Bintuni dapat mengembangkannya,” harap Suruan.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB kabupaten Teluk Bintuni Jelila Maidepa, S.Sos kepada wartawan menambahkan bahwa program kegiatan kreasi rumah kuliner tersebut berasal dari provinsi dan sudah mengontrak kreasi rumah kuliner ini selama 1 tahun.

“Sehingga kami berharap kedepan mama mama Papua Bintuni ini bisa mandiri. Kita lihat dulu apa yang mama mama Papua ini buat yaitu modelnya seperti apa?. Kemudian kita dari dinas akan bantu supaya usaha mama mama Papua Bintuni ini bisa berjalan. Kelompok ini juga merupakan binaan kami dimana produk yang sudah dibuat seperti mangrove, anyaman serta berbagai macam kue. Kami berharap dengan adanya kreasi rumah kuliner ini bisa lancar memproduksi produk untuk dijual kepada masyarakat Bintuni sebagai suatu penghasilan keluarga. Dan kami juga akan membantu mama mama Papua Bintuni ini mempromosikan produknya. Kami himbau pimpinan SKPD bisa berbelanja di kreasi rumah kuliner yang baru dibuka ini. Adapun kelompok yang akan mengelola tempat kreasi rumah kuliner ini adalah kelompok perempuan Wawi Kepar dari kelurahan Bintuni Timur. Maka harapan kami dengan adanya kreasi rumah kuliner ini mereka bisa jalankan usahanya dan nanti kita akan melihat hasilnya dalam beberapa bulan kedepan seperti apa?,” ujar Maidepa.

acara peresmian kreasi rumah kuliner Mama mama Papua Bintuni dihadiri sekretaris dinas pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan KB Satiya, kepala bidang pemberdayaan perempuan Jelila Maidepa beserta staf serta pegawai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Barat. Acara peresmian kreasi rumah kuliner berjalan lancar dan sukses.

Daniel MD

Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM