BALIK ATAS
Masyarakat Senbar Minta Kab. Jayapura Bebas Aids dan Narkoba
PEWARTA: Redaksi PAPUALIVES.COM 20th Maret 2015
| 658 DIBACA
ilustrasi bebas narkoba dan Aids  Foto:PL
Sentani,20/03/2015,PAPUALIVES.COM–Seluruh komponen masyarakat Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura secara tegas menyatakan sekaligus meminta supaya pemerintah dan masyarakat di daerah ini untuk memerangi perkembangan Aids dan Narkoba yang makin pesat sehingga kedepan Kabupaten Jayapura harus bebas dari dua mesin pembunuh generasi muda ini.
Demikian dikemukakan oleh sejumlah tokoh masyarakat dalam tatap muka dengan Tim 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura saat melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Distrik Sentani Barat, pekan kemarin.
Ketua Tim 4 DPRD Kabupaten Jayapura, Izack Darius Danya mengatakan, masyarakata sangat respon terhadap rencana pemerintrah daerah yang berencana melahirkan sebuah Peraturan Daerah (Perda) tentang Narkoba dan HIV/ AIDS.
“HIV/ Aids dan Narkoba kini menjadi sebuah ancaman bagi generasi penerus, oleh sebab itu kedua permasalahan ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak, baik pemrerintah teteapi juga masyakat,” ujar Danya.
Dikatakan, perkembangan pembangunan yang begitu pesat melanda daerah ini juga diikuti oleh tumbuhnya sejumlah penyakit sosial masyarakat yang sangat kompleks, termasuk Aids dan Narkoba. Sebelum generasi muda benar-benar hancur akrena kedua penyakit sosial ini maka pemerintah harus tanggap.
Salah satu bentuk tanggap pemerintah adalah, sedang dibahasnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang HIV/Aids dan Narkoba. Diharapkan dengan keluarnya peraturan daerah dapat menekan laju pertumbuhan kedua penyakit sosial tersebut.
Menurut Ketua Tim 4 yang juga sebagai ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Jayapura ini memintah supaya masyarakat tidak hanya melemparkan tanggungjawab pengentian HIV/Aids dan Narkoba kepada pemerintah saja, namun masyarakat juga harus turut bertanggungjawab menghentikan laju Aids dan Narkoba.
“Apa yang diharapkan oleh masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Jayapura bebas dari HIV/Aids dan Narkoba merupakan harapan pemerintajh juga, hanya saja dibutuhkan kesadaran warga masyarakat untuk menghindari perilaku bermasalah,” pungkasnya.
Kedati demikian, Ketua Fraksi Paratai Gerindra DPRD Kabupaten Jayapura ini optimis bahwa dengan lahirnya nanti Perda tentang HIV/Aids dan narkoba mampu membatasi laju pertumbuhan penyakit sosial dan bahkan mampu menghilangkan Aids dan Narkoba dari negeri ini.
Yan piet F. Tungkoye/PapuaLives
Berikan Komentar Anda
PASANG IKLAN PAPUALIVES.COM