Melalui Musyawarah Adat , Melianus Yumai Terpilih Sebagai Kepala Suku Besar Paniai

Bupati Paniai, Meki Nawipa ketika memberikan sambutan yang didampingi Melianus Yumai selaku Kepala Suku Besar Paniai terplilih . (Foto: Jemi/PapuaLives)

PANIAI – Pemerintah Kabupaten Paniai melalui Bagian Tata Pemerintahan dan Lembaga DPRD Paniai resmi menggelar Musyawarah Adat sekaligus melakukan pemilihan Kepala Suku Besar ada  24 Distrik mengutus satu perwakilan untuk mencalonkan diri. Ada sebanyak 17 tokoh adat mencalonkan diri , namun Melianus Yumai  mendapatkan suara terbanyak  yakni 49 dari calon lainnya, dari jumlah total 239 suara. Berlangsung di Aula Kantor Bupati Paniai. Selasa (10/11/2020) siang.

Pemilihan ini dilakukan untuk menjaga relasi, eksitensi dan mendamikan masalah yang terjadi di lingkungan di wilayah Paniai. Peserta yang ikut pemilihan adalah Bupati Paniai,Anggota DPRD , Para Kepala Distrik dan Delegasi Kampung di Paniai.

Sementara itu, Melianus Yumai  Kepala Suku Besar Paniai terpilih menyampaikan banyak terimakasih kepada semua yang mana memberikan amanah kepadanya sebagai Kepala Suku  Besar Kabupaten Paniai.

” Kami punya kampak , kami juga punya busur dan panah tapi masih belum mengenal jalan menuju kedamian. untuk itu, Pemda berikan senter untuk menyinari kegelapan, melalui pemilihan kepala suku tingkat kabupaten paniai ini, mari satukan semua, menjaga dan melestarikan apa yang kita miliki sejak nenek moyang” kata Yumai ,Selasa (10/11/2020) ketika usai pemilihan.

Suasana ketika melakukan pemilihan Kepala Suku Besar Paniai di Aula Kantor Bupati Paniai. (Foto:Yemi/PapuaLives)

Kesepatan itu, Bupati Paniai, Meki Nawipa yang mengikuti acara pemilihan itu dari pagi hingga sore itu mengucapkan terima kasih kepada semua fakuyuban yang mana mensukseskan Musyawarah Kepala Suku Besar Kabupaten Paniai.

” Kepala Suku tingkat kabupaten tentu di inginkan kami semua. Pada hari ini kita telah di pilih kepala suku Paniai, melalui pemilihan kepala suku baru merubah imajinasi, kita bersatu dalam semua lini memujudkan Paniai untuk semua.”kata Bupati,Selasa (10/11/2020).

Selain itu, Bupati Meki juga menjelaskan bahwa dalam beberapa minggu kedepan akan melantik kepala suku tingkat Kabupaten sampai pada Desa.

” Setelah SK pelantikan ditangan Kepala Suku akan bangun rumah laki-laki (Ema Owa) di seluruh kampung.Dari Emaa Owa musti di jadikan tempat belajar dan selesaikan banyak masalah.”harapnya. *

Berikan Komentar Anda
Share Button