Balik Atas
Melihat Aktivitas Blogger Papua yang Membangun Komunikasi Informasi Melalui Postingan
 
Pewarta: Redaksi Edisi 12/11/2014
| 1402 Views
Di Kunjungi Blogger dari Eropa , Siap Menghidupkan Jurnalis Warga

Internet buka lagi sesuatu media sulit diakses .Siapa Saja yang memiliki Hendphone hampir bisa dipastikan bisa mengakses internet,berbagai komunitas dunia maya juga mulai menjamur salah satunya komunitas blogger.
Laporan : Abdel Gamel Naser – Jayapura
 
(Cendrawasihpos 05 November 2014)

Berjuta informasi saat ini bisa diakses hanya dengan hitungan detik ,hanya saja dunia maya ini terkadang memberikan dua sisi yang berbeda. Ada informasi yang bernilai positif ,yang bisa memberi manfaat positif dan ada juga yang menyalahkan informasi tersebut .komunitas pun bermunculan merespon semakin canggihnya fungsi dan fasilitas media di dunia maya.salah satunya blogger papua.meskin masih terbilang baru,namun aktivitas yang dilakukan bisa dibilang sudah banyak memberi informasi lebih kepada masyarakat.
“Kebanyakan teman-teman membuat blog yang isinya member informasi soal papua,apakah itu isu pendidikan maupun isu sosial lainnya dan ini sangat membantu orang lain yang ingin membutuhkan informasi soal papua”kata Fransiskus Kobepa,ketua Blogger Papua di Entrop Selasa (4/11). Blogger Papua sendiri berdiri sejak 29 Oktober 2012 lalu di jayapura yang idenya muncul di situs jejaringan sosial dalam bentuk Grup Facebook ,namun keberadaan grup ini mendapat respon positif dimana para blogger lain akhirnya ikut berdatangan dan membahas materi yang dilontarkan.
Respon tersebut ditindak lanjuti dengan membuat komunitas blogger papua. “kami sepakatan dengan mematenkan nama Komunitas Blogger Papua www.bloggerpapua.org
Saat ini sudah ratusan ribu pengunjung yang melihat blog tersebut baik untuk sekedar mencari informasi mengenai papua tetapi juga mencari teman”jelas Fransiskus diiyakan Sekretaris Blogger Papua Aldo F Mooy. Menurut Fransiskus terkadang orang mengaku sulit membuat suatu blog padahal menurutnya,untuk membuat satu blog hanya cukup membutuhkan waktu satu jam
Ia juga menjelaskan ,sisi positif sebuah blog adalah memberikan informasi,wawasan dan bisa dijadikan media untuk mengkampanyekan satu isu termasuk bagaimana berbagi cerita menarik yang di share kepada orang lain.
“Contohnya orang mungkin sulit mencari informasi mengenai pantai harlem , di Depapre tapi dengan blog netizen cukup mencari informasi itu via blog teman-teman yang ada di papua,” imbuhnya. Fransiskus juga mengatakan ada cerita menarik selama tujuh tahun menjadi blogger dimana setelah 2012 Blogger Papua terbentuk, ternyata banyak blogger se- indonesia yang melirik papua dan menyambut baik dengan lahirnya komunitas ini .
ini dibuktikan dengan dukungan dari komunitasnya seperti Arumbai di Ambon , Blogger NTT , Angging Mamiri di Makassar , Dot Semarang di Semarang dan termasuk beberapa daerah lainnya .”kami juga pernah mengikuti pertemuan ICT Wacht yang mempertemukan Blogger Se-Indonesia dan saat itulah kami diperhitungkan para blogger lainnya , kami juga memberikan kontribusi dengan bekerjasama membangun jurnalis warga untuk ikut mengadvokasikan pelayanan publik yang didukung oleh USAID” jelasnya.
Menurut Fransiskus ,Selama mengoperasikan blog sejak 2007 ia mencatat sudah 157042 pengunjung yang melihat blognya  tidak hanya dari indonesia tetapi juga negara tetangga. Sementara menurut Aldo manfaat lain dari lahirnya blogger ini adalah wadah Generasi Muda di tanah papua yang memiliki minat dan bakat terhadap dunia internet sebagai wadah pendidikan , pembinaan dan pengemabangan Generasi Muda diluar lingkungan sekolah dan keluarga.
Sebagai media interaksi dan komunikasi antara sesama Generasi Muda Komunitas Blogger khususnya . “Ada banyak manfaat positif lainnya mulai dari saling tukar Informasi dan Teknologi ,Seni dan Budaya , Lingkungan ,olahraga atau kesehatan yang menyangkut informasi dan aktivitas di Tanah Papua,yang dalam penulisan artikelnya menuntut originalitas atau sesuai dengan fakta yang ada,”beber Aldo. Menurutnya ,internet akan memberikan manfaat ketika dimana manfaatkan secara positif juga,namun selama ini kebanyakan anak remaja hanya menggunakan untuk hiburan dan mencari pertemanan. Sementara salah satu penasihat Blogger Papua,Dian Wasaraka mengaku,setelah setahun memiliki blog ternyata ia memiliki sejumlah pengunjung yang tidak hanya dari indonesia tetapi dari Amerika,Jerman dan beberapa negara di Eropa lainnya.
“saya pikir iki satu nilai plusnya,informasi yang kita tulis bisa dikunjungi netizen lainnya dan dari statistik sudah 1000 lebih warga negara asing yang menyimak blog saya,”pungkasnya. (*)
Berikan Komentar Anda