BALIK ATAS
Mentoring Jurnalis Warga Kota Jayapura Ke VII Dihadiri 12 Jurnalis
Diterbitkan Oleh: Redaksi Date 8th September 2018
| 175 DIBACA
Suasana saat Mentoring JW Kota Jayapura Ke VII Dihadiri 12 Jurnalis diselenggarakan oleh PPMN (Foto:Christian/PapuaLives)

Jayapura,Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) melalui Forum Jurnalis Warga (JW) Kota Jayapura melakukan pertemuan mentoring ke VII bagi 12 orang jurnalis warga. Kegiatan tersebut, dilakukan di ruang pertemuan Kantor Yayasan Harapan Ibu Papua (YHI-P) pada Jumat (08/9/2018).

“Pertemuan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan dengan topik dan isu yang berbeda.Hal itu disampaikan koordinator YHI-P Hiswita Pangau via keterangan tertulis yang diterima wartawan kemarin.

Menurut Wita, Jurnalis warga saat ini sedang berkembang dengan pesat, bahkan dapat dilihat pada media-media online yang digunakan saat ini pun mengalami stagnasi.

“Dengan berkembangnya pelbagai jenis media ini para JW di harapkan mampu membuat berita berdasarkan fakta yang objektif,”ujarnya.

Lanjutnya, urgensi peran dan partisipasi jurnalis warga dalam berbagai isu serta persoalan yang terjadi, di harapkan JW mampu memberikan warna tersendiri untuk satu perubahan yang lebih baik untuk publik.

“Anggota JW berasal dari latar belakang yang berbeda.  Sehingga melalui forum ini, tidak hanya sebatas pertemuan untuk membahas tentang media namun  menjadi tempat berbagi dan belajar bersama,”katanya.

Situasi dan kondisi Kota Jayapura dengan berbagai isu serta permasalahannya yang amat berbeda-beda, sehingga terkadang memberikan tantangan tersendiri kepada setiap anggota JW untuk membuat berita.

Dirinya menjelaskan, pada tiap mentoring selalu diawali dengan berbagi bersama yakni setiap individu diberi kesempatan untuk menceritakan terkait pengalaman pribadi serta tantangan atau kesukaran dalam menulis berita.

“Kesempatan yang diberikan setiap peserta ini menjadi sarana untuk memotivitas dan mencari solusi bersama pada setiap persoalan yang hendak akan ditempu selama dalam perkaryaannya,”katanya.

Pada pertemuan itu, Koordinator JW mempresentasikan hasil berita yang di posting melalui sosial media facebook dan juga dalam Webnya pula memberikan apresiasi untuk beberapa peningkatan serta kontribusi anggota yang sejauh ini terlibat dalam penulisan. Namun dilain sisi, menurutnya, masih ada beberapa isu yang belum diangkat para jurnalis. Oleh karena itu,  diharapkan setiap anggota mampu terlibat aktif dalam menuliskan isu-isu yang menjadi persoalan saat ini, dan tidak terbatas di Kota Jayapura.

“Sebagai salah satu upaya mengatasi persoalan di atas maka, pada kesempatan kali ini setiap anggota diberikan tugas untuk membuat tulisan berdasarkan latar belakang aktifitas individu dengan tidak menutup kemungkinan untuk tetap menuliskan berita-berita dengan isu lainnya. Pembagian ini untuk menumbuhkan kepercayaan diri serta keterlibatan setiap orang dalam menuliskan berita,”jelasnya.

Ada beberapa hsu-isu yang diberikan kepada setiap anggota JW yaitu Pendidikan ,Kekerasan Berbasis Gender,Budaya,Hukum,Olahraga,Jurnalis warga,Ekonomi,Kesehatan dan lain lain.

Sesuai data yang dihimpun bahwa  pertemuan tersebut membahas mengenai,Adanya pembagian tugas setiap anggota untuk menulis berita,Pembuatan Profil Anggota Jurnalis Warga Kota Jayapura,Rencana Pembuatan seragam JW,Mentoring Ke VIII pada tgl 20 September 2018,Adanya diskusi dan sharing bersama sesama anggota JW

Berikan Komentar Anda
TENTANG KAMI |REDAKSI | DISCAIMER| SITEMAP| PRIVACY| IKLAN | KODE ETIK| PENGADUAN |